Pencerahan itu datang..

ini lanjutan dr cerita yg kemaren ya..akhirnya setelah melewati diskusi yg ga sebentar..gue n hqm decided to meet with QM_financial staff..tapi ini baru ngobrol2 aja..tdnya ga PD ya, karena ga tau juga ntar ngobrolin apa..oiya sebelumnya gue udah ngisi formulir dr QM yg dikirm lewat email..ngisi data2 dan segala macem ttg financial qta..

nah di kantor QM, ketemu ama Retno..dari dia byk bgt dapet masukan..awalnya qta review formulir yg dah gue isi itu..ternyata dari situ ketauan selama ini, keuangan gue n hqm itu MINUS..yak MINUS sodara2..huhuhu..pantes aja tabungan gue berkurang terussss..

walopun katanya, financial gue & hqm ini udah sehat..sehat di sini dalam artian ga ada utang kartu kredit..ya klo kartu kredit dari dulu emang selalu bayar full..ga pernah gue bayar minimum krn bunga nya gede bangeeett..ogah lah hay..

dari hasil ngobrol2 yg hampir makan waktu 2 jam itu, akhirnya gue & hqm mendapat pencerahan..banyak banget yg mesti diubah..gue share beberapa tipsnya ya :

– mesti bikin PLAN, minimal buat 1 bulan..jd setelah gajian, qta plan duit qta itu buat apa aja..misalnya : 10 % investasi, 20 % bayar tagihan, 30 % makan, 30 % belanja bulanan, 10 % senang2..

– mesti punya beberapa rekening, jadi setelah gajian..duit qta dipisah2..jadi klo mau bayar tagihan pake rek. A, mau makan2+belanja bulanan pake rek. B, buat senang2 pake rek. C, dan seterusnya..

– klo mau investasi mesti punya tujuan & tau kapan mau tercapainya tujuan itu, jd bisa ditentuin khan mau invest dimana..

– pilih asuransi yg bener2 dibutuhin, jgn asal beli..klo asal, sama aja buang2 duit..

– dana pendidikan buat anak yg untuk < 5 thn harusnya duitnya udah parkir..bisa di tabungan atau deposito..

– dana darurat biasanya dipecah2 nyimpennya..klo buat keluarga kecil dgn 1 anak kaya’ gue & hqm ini, minimal harus punya 9 x pengeluaran per bulan (huaa..banyak ya). Nah 1 x disimpen di tabungan, 3 x deposito, 2 x reksadana pasar uang, 2x reksadana campuran dan 1 x Logam Mulia..*ini klo ga salah inget yaaa..:-P

– kurangi pengeluaran per pos nya..misal: biasanya ada 5 pos niy sebulan, masing2 1 juta, nah bukan jumlah posnya yg dikurangin, tapi jumlah pengeluarannya, dari yg 1 juta jadi 800 rb misalnya..qta belajar nabung & investasi tapi tetep mau hidup senang donk khan..jd bukan menghilangkan hanya mengurangi..

setelah diskusi ama QM staff, mereka suggest gue & hqm bikin plan ama mereka, walopun dengan biaya yg sedikit lebih murah dari info yg udah gue dapet sebelumnya, tetep aja gue n hqm masi ngerasa ga kuat buat bayarnya..atau bisa juga ikut training mereka, enaknya ikut training qta diajarin cari ngitung dsb, klo bikin plan ama mereka qta terima beres aja..

sebenernya gue lebih tertarik ikutan training itu, cuma hqm ga mau, ktnya ga rela ngeluarin duit sgtu buat training 2 hari..hehe..so setelah dipikir2, gue n hqm sekarang mau ngebenerin dulu deh yg udah berantakan ini..dibenahin dulu..mudah2an bisa displin ngejalanin nya dan ga MINUS lagi..doakan ya..

BheBoth

4 thoughts on “Pencerahan itu datang..

  1. Gw suka dengerin talkshownya QM financial di radio tuh…udah ngikutin sih beberapa tipsnya. Tapi tulisan lu di blog ini I take it as a reminder deh..hehehehhehehehe… Thanks atas sharingnya yah..
    Btw, klo konsultasi di QM berapa biayanya Bu?

    • hey prim..pastilah lo suka dgrin QM khan lo banci radio..hehe..
      ehm..kmrn g ktm QM itu ga bayar kok..klo bikin plan ama mrk baru ada fee nya tergantung aset lo..
      klo yg financialnya ga sehat baru bisa konsul per jam ama fin.planner..500-750 rb/jam..
      makasiy ya dah mampir ke sini..:-P

  2. hai, salam kenal…:)

    sy juga seneng dengerin talkshow nya QM yang di radio tuh…pencerahan banget emang..hehe

    oia, kalo ngobrol2 ama QM staff itu gratis ya?
    gimana caranya?

    • hai salam kenal jg ya..makasiy udah mampir di sini..gue malah lom pernah denger QM di radio..hehe..maklum jarang dgr radio..kalo mau ngobrol ama staff QM tinggal telp aja ke QMnya..monggo bu..

Leave a Reply

