Snow Wall at Tateyama Kurobe Alpine Route

25 April 2018 (almost a year ago) akhirnya kesampean liat Tateyama Snow Wall, Alhamdulillah seneng banget..ini emang highlight dari Japan Trip kita..kenapa pengen banget ke sini? Karena mau liat tembok salju yang katanya bisa sampe 20 meter tingginya.

Tahun lalu kita beli JR Tateyama Kurobe Alpen Route option ticket sehari sebelumnya di JR office Kyoto Station sebelum kita berangkat ke kota Toyama..harganya 9000Β₯/adult dan 4500Β₯/child..mahal ya? IYA banget..tiketnya uda termasuk semua moda transportasi (kereta, cable car, bus, trolley bus, ropeway) sepanjang rute dari station Dentetsu Toyama sampai station Nagano..

Tateyama Kurobe Alpen Route bisa dimulai dari arah Dentetsu Toyama ke Nagano Station atau sebaliknya. Sebaiknya kita ga bawa koper & stroller, cukup bawa backpack berisi kebutuhan kita buat hari itu mengingat perjalanannya yang banyak melalui tangga jd pasti repot klo mesti bawa koper dan stroller. Jadi koper & stroller kita dikirim dari hotel di Toyama sampai ke Shinano Omachi yg nanti kita ambil sebelum kita lanjut ke Nagano Station. Asli seru banget perjalanannya..semua moda transportasinya nyaman dan jelas alur dan antriannya jadi ga pake bingung apalagi nyasar hehe..

hari itu cuacanya kurang bersahabat, hujan dari pagi..kita berangkat dari station Dentetsu Toyama jam 7.50 naik kereta sampe ke Tateyama, perjalanannya sekitar 1 jam. Lalu ganti moda transportasi cable car ke Bijyodaira, sampai sini kita pindah naik bus Tateyama Alpine Route Highland bus. Nah sekitar 50 menit kita sampe di Murodo tempatnya Tatetayama Snow Wall sekitar jam 10.30an..walopun hujannya tambah deres tapi alhamdulillah snow corridornya tetep dibuka dan kita bisa liat snow wall setinggi 17 meter di 2390m dpl..

Kita cukup lama jalan-jalan di Snow Wall Corridor ini, karena hujan deras dan jalan balik ke stationnya agak menanjak jadi mesti pelan-pelan jalannya. Jompooo..haha abistu kita ganti baju karena basah kena hujan dan menghangatkan diri dengan makan ramen. Hehe..

Setelah itu kita ngelanjutin perjalanan lagi. Dari Murodo kita naik electric tunnel bus yang menembus gunung, lalu dilanjutkan naik ropeway dan cable car, sampai deh di Kurobe Dam sekitar jam 2 siang.

Di Kurobe Dam kita mesti jalan kaki sekitar 15 menit untuk nyebrangin Damnya..Di sini viewnya cakep banget deh..rasanya ga cukup 15 menit buat menikmati pemandangannya. Di sini siy bebas aja mau berapa lama, yang penting udah tau jadwal berikutnya.

Setelah dari Kurobe Dam kita lanjutin lagi naik cable car dan disambung naik electric bus lagi sampai ke Ogizawa. Dari Ogizawa naik bis ke Shinano Omachi buat ambil koper dan stroller. Trus lanjut naik bis lagi ke Stasiun Nagano.

Kita sampe ke pemberhentian terakhir di Nagano station sekitar jam 5.30 sore..jadi total perjalanan Tateyama Kurobe Alpen Route dari Dentetsu Toyama sampe Nagano Station sekitar 9.5 jam, itu udah termasuk makan siang plus ganti baju krn basah kehujanan, foto2 sepanjang snow corridor, foto2 dan jalan2 sepanjang kurobe dam, jajan2 dan belanja souvenir..pacenya emang santai karena khan bawa anak2 bocah..is this trip worth the 9000Β₯? Yes Indeed..this experience is unforgettable..πŸ’™πŸ’™πŸ’™

if u have the time and money, I recommend you to experience this Tateyama Kurobe Alpen Route..

for more info please go to https://www.alpen-route.com/en/

Tateyama Kurobe Alpine Route ini setiap tahun dibuka hanya dari bulan April s/d November. Tanggal pastinya nanti diinfo di websitenya. Pertengahan April- awal Mei biasanya padat banget karena biasanya tembok saljunya masih tinggi. Bulan Juni biasanya udah mulai sepi karena ya tembok saljunya udah menipis, tapi katanya kalo di bulan Juni ada playground salju yang jadi favorite anak-anak. Untuk ngecek kepadatan pengunjung juga bisa di websitenya Tateyama Kurobe Alpine Route. Sebelum menentukan kapan mau ke sana, lebih baik cek websitenya dulu, karena untuk info penutupan snow wall juga ada di webnya, biasanya ini karena ada badai atau hal-hal lain yang membuat snow wallnya tidak memungkinkan untuk dilewati.

Nah ini contohnya pengumuman hari ini 15 April 2019 di websitenya. Baru dibuka hari ini nih Alpen Route tahun ini. Karena ada badai jadi dari arah toyama ga bisa dilewatin untuk ke Murodo. Dari arah Nagano masih bisa sampai Murodo.

So yang mau ngerencanain jalan-jalan ke Alpen Route tahun ini, sekarang waktu yang tepat karena baru aja dibuka mulai hari ini. Diubek-ubek aja websitenya ya semua informasi tersedia lengkap di sana, dari mulai jadwal moda transportasi, perkiraan waktu tunggu, peta stasiun dan sebagainya.

Happy travelling ya..

BheBoth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s