Little tips for first timer in Hong Kong..

iiissh..belagu amat yah judulnya..padahal sendirinya juga baru pertama kali ke Hong Kong hehehe..

ya itung-itung ini tips buat sesama newbie deh..buat yang udah sering ke Hong Kong mungkin boleh ditambahin ya klo ada mau share juga..

first, wajib beli Octopus Card..ini bisa dibilang kartu sakti ya..bisa jadi alat pembayaran transportasi *klik di sini* dan bisa jadi alat pembayaran di toko-toko *klik di sini*, bahkan bisa buat bayar nonton bioskop hehe *klik di sini*..so it a must have if you are going to explore Hong Kong..

IMG_4627

belinya dimana? gampang kok, di tiap MTR Station ada, cari MTR Customer Service, biasanya wujudnya kaya’ loket atau booth dan pasti ada petugasnya nah beli deh di situ..buat adult harganya 150 HKD dengan deposit 50 HKD, kalo yang child 70 HKD dengan deposit 50 HKD juga..tenang aja depositnya balik kok, tapi sejak tanggal 9 januari, setiap pengembalian Octopus Card bakal dipotong 9 HKD..jadi deposit yang balik 41 HKD plus sisa duitnya *kalo ada*

nan lian garden

Jangan lupa buat cek jumlah saldo di mesin di MTR Station sebelum mau bepergian, kalo kira-kira bakal kurang atau malah udah minus, diisi dulu di mesin biar jalan-jalannya tenang dan nyaman..dan kalo udah hari terakhir di Hong Kong jangan lupa buat ngembaliin Octopus Cardnya, khan lumayan duit depositnya bisa buat jajan-jajan di airport hehe..*ogah rugi*, oiya kalo mau ngembaliin Octopus Card bisa di MTR Customer Service mana aja..buat lebih detailnya cek ke sini aja ya..

second, kalo mau beli tiket masuk atraksi semacam Disneyland, Ocean Park, Ngong Ping dan sebagainya biasanya lebih murah di travel agen di Hong Kong dibanding beli langsung ke tiket box..Nah kemaren gue beli di Golden Crown Hostel, sebenernya ini hostel bukan travel agen tapi dia juga jual tiket-tiket atraksi dengan harga lebih murah skitar 30 HKD *lumayan khan*

HK-Macau1

Hostel ini letaknya di Nathan Road, sebrangnya Mesjid Kowloon *serong kanan dikit siy*, penampakan luarnya siy kurang menyakinkan ya..koridornya sempit, diapit sama Standard Chartered bank..dan letaknya di lantai 5..jadi mesti masuk ke gedungnya, naik lift ke lantai 5 trus belok kanan nah resepsionisnya Golden Crown Hostel ada di kanan, ruangannya kecil juga jadi ya jangan harap dikasih minum ya, bisa duduk aja udah sukur haha..nah tinggal bilang deh mau beli tiket apa dan bayar, saat itu juga kita dikasih tiket aslinya, ga perlu dituker di tiket booth di tempat atraksi, langsung bisa masuk..gue beli tiket Disneyland & Ocean Park di sini dan terbukti aman tanpa kendala apapun..

photo(209)ini tiket Ocean Park yang gue beli di Golden Crown Hostel..

third, memang sistem transportasi di Hong Kong ini udah sangat rapi..semuanya terintegrasi..dari mulai MTR, Tram, Ferry, Bis..tapi kalo kita ga hati-hati baca petunjuk jalan juga tetep bisa nyasar..karena di dalem MTR Station kadang-kadang ada banyak platform, apalagi yang MTR Interchange, jadi harus tau tujuan kita kemana supaya ga salah naik MTR..biar tau pasti tujuan kita kemana, ada baiknya punya aplikasi-aplikasi di gadget yang mempermudah kita..berhubung gue mempersiapkan liburan kemaren cukup lama, jadi gue punya banyak kesempatan buat baca-baca aplikasi..dan ini beberapa aplikasi yang sangat membantu perjalanan gue di sana..

photo(210)

kalo sempet, cobain segala bentuk transportasi di kota ini..kalo naik taksi melulu ya selain bangkrut tapi juga kurang seru..IMO ga ada pengalaman baru kalo di negara yang secanggih ini sistem transportasinya, kita ga nyobain satu-satu..sayangnya kemaren gue ga sempet nyobain Star Ferry (ini ferry yang buat nyebrang dari Kowloon-Hong Kong Island dan sebaliknya) padahal katanya it’s the most cheap transportation with a beautiful view..

IMG_4463always look for the sign..

IMG_4459inside the MTR..

20130114_221649harus cobain naik MTR Disneyland Resort Line ini..

IMG_4402that’s a Tram..bis tingkat yang jalannya di rel..jauh dekat cuma 2.30 HKD

IMG_4433inside the tram..yg di bawah duduknya di samping..lebih sempit daripada bis tingkat..

fourth, gue sangat menikmati liburan kemaren di saat musim dingin, suhunya skitar 12-15 derajat celcius..kalo pagi-siang cuacanya cerah, tetep ada matahari tapi udaranya dingin *siap-siap sunblock*, sore-malem udaranya lebih dingin lagi..tapi enaknya ga ada hujan ataupun typhoon..

padahal Hong Kong ini khan terkenal dengan segala macam typhoon..kalo di musim lain, kadang cuaca labil, sekarang cerah eh ntar tiba-tiba hujan deres, atau malemnya typhoon..menurut Hong Kong Tourism Board siy enaknya ke Hong Kong itu sekitar September-November, cek detailnya di sini ya..buat gue, i prefer the winter selain karena cuacanya menyenangkan, khan jadi punya alasan buat beli Boots & Coats..*modus*

fifth, orang bilang Hong Kong itu surga belanja, tapi buat gue, kita harus smart or incredibly rich kalo mau belanja di Hong Kong..buat gue *yang lebih milih baju distro daripada beli baju branded 300 ribu* belanja baju murah di Hong Kong itu susah..hehehe..memang siy gue ga ngedatengin Ladies Market ataupun market-market lainnya, gue juga ga ngedatengin kawasan butik-butik yang katanya lucu-lucu di kawasan Causeway Bay..yang gue datengin cuma Harbour City, China Hong Kong City & Citygate Outlet..

IMG_6572

Nah dari 3 tempat belanja yang gue datengin itu, yang menarik ya cuma beberapa toko..menarik dalam arti kalo dikurs jadi murah gitu hehe..gue bukan tipe orang yang pake high level brand *maksudnya belom mampu belinya* tapi gue seneng beli barang bermerk yang murah..contohnya yang jauh lebih murah di Hong Kong daripada di Jakarta itu merk Esprit tapi belinya di Esprit Outlet ya, kaos-kaos cewe mulai dari 90ribuan, kemeja buat cowonya 200ribuan..hihi..Giordano juga murah, tapi berhubung gue ga suka Giordano jadi walopun berkali-kali ke tokonya tapi ga pernah nenteng tas belanjaan hehe..

Emang paling menyenangkan pas ke Outlet mall itu..eaither yang China Hong Kong City ataupun Citygate Outlet..gue nemu sepatu adidas di China Hong Kong City di toko Marathon Sports Outlet buat Nara seharga 250 ribuan yang di jakarta harganya 450 ribu..good bargain khan? Di Mirabell Outlet nemu boots Caterpillar ga nyampe 400 ribu..walopun di beberapa outlet store tetep mahal juga siy walopun dah diskon juga..makanya belanjanya juga ga banyak..

Tapi belanja di outlet juga tetep harus teliti, dan harus tau harga di jakarta berapa..gue nemu sepatu Rockport di Citygate Outlet harganya 600 hkd (itu udah didiskon ya, jadi kalo dikurs skitar 760ribuan), dan gue tau harga sepatu itu di Rockport Kota Kasablanka pas lagi sale kemaren ga nyampe 400 ribu..so you better know what u’re looking for if u dont wanna be dissapointed..

IMG_6578do you see people queueing outside the Chanel Store? #horangkayah

satu lagi yang menyenangkan adalah beli playdoh di Toys R Us Harbour City..harganya jauh lebih murah daripada di toko mainan di Jakarta..berhubung anak gue penggemar playdoh jadi gue hampir hafal harga macem-macem playdoh itu, makanya parno pas tau di sana harganya bisa setengahnya langsung pengen ngeborong..sayangnya anaknya kalem, cuma pengen 1 aja katanya..huhuhu gagal sudah emaknya pengen mborong..sempet pengen beli lego, tapi pas diinget-inget, pas lego diskon kemaren juga harganya sama kok segituan juga..jadi diurungkan niatnya untuk belanja hehe..

oiya satu lagi pengalaman gue belanja coat di salah satu butik kecil (mirip ama butik-butik di ITC lah), harganya emang lebih murah kalo dibanding di ITC jakarta, tapi harus super teliti, karena jaitannya kadang asal-asalan..pas gue mau beli coat itu, warna n modelnya sesuai, harganya apalagi cuma 210 hkd, tapi gue mesti minta barang yg sama ampe 3x sampe nemu coat yang jaitannya ok..males juga khan beli barang murah tapi tangannya panjang sebelah? hihihi..

IMG_3504sepanjang jalan kiri-kanan isinya toko..

pengalaman belanja gue di Hong Kong emang ga banyak, tapi saran gue siy, sebelum berencana belanja di Hong Kong lebih baik kita survey harga di jakarta dulu, kalo jauh lebih murah ya beli, kalo ternyata engga ya buat apa menuh-menuhin koper toh?😛

sixth, di Hong Kong wifi tersebar dimana-mana, tapi biar lebih enak mendingan beli simcard lokal yang bisa dibeli di 7eleven or CircleK, biasanya harganya 100hkd unlimited..soalnya berguna kalo mau pake google maps or aplikasi lainnya di gadget *facebook, twitter, path, line, u name it lah yg penting bisa tetep eksis khan?*😛 apalagi kalo gadgetnya bisa jadi personal hotspot, nah cukup satu gadget aja yg pake simcard lokal, abistu gadget lain nebeng wifinya deh hehe..kemaren siy gue pake 1 simcard lokal namanya one2free buat 5 gadget masih kenceng kok wifinya..

seventh, kalo mau ke Macau dari Kowloon, nah pas di ferry terminalnya, jangan ragu buat survey harga tiket dulu, karena di sekitar tiket booth ada banyak travel agen, pas gue mau ke Macau, kebetulan ketemu mbak-mbak “calo” yang ngasi harga cukup murah, beda hampir 50 hkd per orang dibanding harga di tiket booth, dan tiketnya open alias bisa buat pulang kapan aja, ga harus nentuin jam pulang di awal..it’s a good deal, dan terbukti aman..tinggal nukerin vouchernya di tiket booth aja..

biasanya si mbak-mbak “calo” beredar persis di depan tiket boothnya..waktu gue mau beli awalnya ragu, tapi si mbak ngeyakinin kalo tiketnya aman, akhirnya dia ngasi vouchernya buat kita tukerin dulu di tiket booth sebelum gue bayar, setelah ditukerin dan kita dapet tiket asli tanpa kendala apa-apa, baru deh dibayar ke si mbak “calo”, lumayan khan ngirit..🙂

eighth, fyi harga hotel di Hong Kong itu fluktuatif tiap hari bisa beda-beda tergantung di Hong Kong lagi ada acara apa..ini pengalaman gue nanya ke hotel The Salisbury YMCA, di tanggal yg gue mau selama 3 malem berlaku 3 harga yang berbeda karena ada 3 acara yang berbeda juga (fashion week lah, konferensi apa lah) hehe..setelah gue compare ama booking.com, in total lebih murah via booking.com jadi langsung gue pesen..enaknya via booking.com kita cuma perlu cantumin no. kartu kredit tanpa harus bayar, jadi kita bayar pada saat check out di hotel..

Nah kalo buat pesen kamar di Hong Kong Disneyland Hotel, mendingan langsung via websitenya Disneyland Hong Kong di sini, pesennya dari jauh-jauh hari..gue dulu pesen 5 bulan sebelum keberangkatan *kerajinan ya* biasanya di websitenya ada Early Bird Offer, lumayan dapet diskon 15-20% untuk harga kamar & harga breakfastnya tapi dengan ketentuan tidak boleh ada pembatalan alias duit hangus kalo dibatalin..

well there’s a little trick from me, pesen jauh-jauh hari sebelumnya, kaya’ yg tadi gue bilang gue pesen 5 bulan sebelumnya, dan itu promo Early Bird Offernya aja lom ada buat di tanggal yang gue mau..jadi memang gue masi dapet harga yang normal dan harus bayar saat itu juga..tapiiiii mendekati tanggal keberangkatan *setelah kita yakin ga ada halangan untuk berangkat*, cek lagi ke website Disneyland Hong Kong apa di tanggal kita menginap itu berlaku promo Early Bird Offer atau ga..kalo berlaku, hubungin mereka lagi buat minta diskon sesuai Early Bird promo yang berlaku..khan kita udah bayar jauh-jauh hari tuh, jadi uang yang udah kita bayarin beberapa bulan sebelumnya akan tetep didiskon dan kelebihannya akan diberikan ke kita pada saat kita datang ke sana..lumayan menghemat khan😛

i think that’s all i got for now..kalo ada yang mau nambahin monggo ya..

hope it helps..

 

BheBoth

29 thoughts on “Little tips for first timer in Hong Kong..

  1. Thanks Mbak dan Mas atas useful tips2nya. Awal Juli kami berempat (dg anak2 SD dan SMA) akan ke HK.. Mnrt Mbak, enaknya nginap di daerah mana (yg dekat MTR, dekat tpt belanja kaos, souvenir)? Terimakasih kasih banyak, salam utk keluarga🙂

  2. Hello …
    Thanks atas sharing jalan2 ke Hongkongnya.
    Awal September 2013 ini, aku and my boys mau trip kesana.
    Apakah aku bisa beli tiket Ke Disneyland dll di Golden Crown Hostel,
    walaupun tidak stay disana ?

    Mohon replynya segera ya ….
    Thanks.

  3. Malam mba,, tanya dong, klo beli ticket Disney di Golden Crown Hostel itu berapa harga to dewasa dan anak2 dan bisa di tawar gak? Klo beli tas2 branded KW spt LV disana dimana ya?

    • waktu saya ke sana pas winter, sepanjang jalan di Kowloon atau Causewaybay banyak toko yang jual boots kok..di Citygate Outlet atau China Hong Kong City Outlet juga banyak..

  4. Terimakasih yaaa…berguna sekali ini postnya..apalagi tentang jual ticket2nya…soalny pengeluaran lumayan besar y bust itu…ehehehehehe..sekali lagi thankyou…

  5. calo disini resmi dari kantornya🙂 jangan kuater tidak ada penipuan,,,,, (khusus yang berseragam) mereka tidak mengambil keuntungan dari pembeli, karena mereka sudah dibayar dari atasannya,,,,
    Kalau ragu,,,,,,, (ingat namanya , no kode yang ada dibawah namanya) , begitu juga dg polisi, imigrasi,,,,,,,,,, bisa dilaporkan ke pihak yang berwajib,,,,,,

    Ingat jangan membuang sampah sembarangan, menyebrang lampu merah, merokok ada tempatnya,
    meludah sembarangan bisa2 kena denda $1500 ±Rp 2.5 juta,,,,,

  6. enaknya via booking.com kita cuma perlu cantumin no. kartu kredit tanpa harus bayar, jadi kita bayar pada saat check out di hotel : kalo no show, itu kartu kredit di “kredit’. lho… ada yang sesuai bboking, ada yang 1 hari, dan ada yang memang free. pastiin dulu….

  7. Salam kenal, saya tadi lagi nyari informasi buat ke Hongkong. Informasinya berguna banget, udah aku screenshot. Permisi tanya, saya buka website official Disneyland Hongkong. Menurut link ini, ada potongan harga sampai 15 Juli 2015 https://www.hongkongdisneyland.com/offers-discounts/limited-time-room-offer/ tapi pas saya cek di link yang akan saya cantumkan ini, harganya tidak sesuai dengan potongan harga yang sudah diberikan (alias belum discount, walaupun sudah saya coba booking kamar), https://www.hongkongdisneyland.com/hotels/hong-kong-disneyland-hotel/rates-rooms/

    Menurut mba, ini gimana ya? Agak bingung juga soalnya baru pertama kali ke China. Itupun bareng banyak keluarga, tanpa tur, jadi memang butuh persiapan jauh jauh hari. Terima kasih ya🙂

  8. meski postingan tulisan nya sudah 3 thn yang lalu informasinya bagus dan masih bermanfaat untuk saya. Terimakasih Salam Kenal

Leave a Reply

