Bebas Visa (dengan Sistem Registrasi) ke Jepang khusus Epaspor..

Untuk alasan di judul postingan ini makanya gue bela-belain bikin Epaspor..*ogahrugi & malesribet*

Jadi klo udah punya epaspor bisa langsung ke jepang donk? Iya, asal udah registrasi dulu di Kedutaan Jepang di Indonesia sebelum berangkat ke Jepang ya..inget yaaa sebelum berangkat HARUS REGISTRASI dulu..

Emang beneran gratis? Bener..ga bayar sepeser pun..asal paspornya jenis epaspor ya..

Caranya ternyata mudah banget..ga mesti nyiapin foto, buku tabungan, itinerary dan lain-lain layaknya apply visa biasa..cuma harus isi formulir registrasi dan nyerahin epaspor aja..

Just as simple as that..

Ini contoh formulir registrasi yang bisa didownload, lebih lengkapnya liat ke websitenya ya..

Nah prosesnya juga cepet, misalnya hari ini kita registrasi, besok udah bisa diambil epaspornya dengan sudah ditempel stiker bebas visa jepang..asik ya..

Pelayanannya juga cepet, gerakan petugasnya bagaikan kilat..sat-set-sat-set..di loket kaya’nya ga nyampe semenit tuh..hihihi

Visa Waiver ini berlaku untuk kunjungan wisata selama 15 hari yang berlaku berkali-kali selama 3 tahun atau selama masa berlaku epaspor yg mana yang habis duluan. Kalau mau stay di jepang lebih dari 15 hari mesti apply visa seperti biasa ya walopun udah pakai epaspor.

Sarannya nih :

1. datengnya jangan kesiangan, buat ngurus Visa cuma bisa jam 8.30-12.00, buat ambilnya cuma bisa jam 13.30-15.00. Yg bawa mobil sendiri bisa parkir di Plaza Indonesia trus jalan kaki deh ke sebelah, deket banget.

2. Bawa KTP untuk diserahin pas di pintu masuk ya, nanti kita dapet kartu pass, abistu masuk ruangan di kanan ada metal detector, baru deh masuk ke ruangan yg ada loket-loket untuk bikin visa.

3. Di ruangan yg ada loket-loket itu mesti ambil no antrian dulu, pencet tombol di mesin A untuk bikin visa ya..soalnya ada 2 mesin yg mesin B tulisannya jepang semua..mungkin khusus buat warna negara jepang.

4. Kita tunggu deh ampe giliran no kita dipanggil, ada nomernya di atas loket jd kita mesti liat ke nomer-nomer itu ya.

5. 1 keluarga cuma ambil 1 no antrian, ga mesti 1 nomer untuk 1 orang. Anak-anak & manula bisa diwakilin ya.

6. Sarapan dulu biar ga laper nunggunya, atau bawa cemilan, soalnya di sana ga ada kantin hehe..

7. Siapin formulir yang udah diisi lengkap, untuk formulir anak-anak, harus ditandatangani orang tuanya ya. Jangan lupa bawa pulpen, siapa tau ada yang lupa diisi. Hehe Ada meja buat ngisi formulir beserta petunjuknya kok, cari yang ada bahasa indonesianya ya.

8. Trus ada formulir kecil yang harus kita isi juga pas di sana, nanti ada petugas yang kasih. Isinya cuma nama, no paspor gitu doank kok..simpel..rangkap 2 buat nanti diserahin bareng ama epaspor dan formulir registrasinya.

9. Kalau nomer kita dipanggil, mesti cepet dateng ke loket, karena kalau ga cepet, nanti nomernya kelewat, proses di loket juga cepet banget kok..hihi

10. Kalau udah selesai prosesnya nanti kita dikasi slip untuk pengambilan epaspornya, besoknya udah bisa diambil (jam 13.30-15.00), tapi kalau ngambilnya ga bisa besoknya gapapa kok, dan bisa diwakilin juga, ga mesti semuanya dateng buat ambil epaspornya.

Nyenengin ya kalo ngurus visa gampang begini, semoga menyusul negara-negara lain bikin kebijakan kaya’ gini ya, biar makin semangat buat jalan-jalan dan ga jiper duluan karena takut visanya ditolak hehe..

Happy travelling guys..
BheBoth

2 thoughts on “Bebas Visa (dengan Sistem Registrasi) ke Jepang khusus Epaspor..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s