(e)Paspor Baru..

Selamat Tahun Baru 2016..Tahun yg baru bagaikan paspor baru, isinya masih kosong, belum ada stempel negara lain yang dikunjungi..semoga “perjalanan” di taun ini menyenangkan dan penuh berkah ya..

Ngomongin perjalanan, gue mau cerita pengalaman bikin epaspor nih..

Kebetulan paspor gue & Nara udah abis jadi sekalian mau bikin buat Rega juga..trus karena kita maunya bikin epaspor jadi hakim ikut bikin juga walopun paspor dia expirednya masih 2018 hehe..

Kenapa siy mesti epaspor? Alasan utamanya siy biar dapet visa gratis kalo ke Jepang *teteup ya alesannya biar irit* hehehe..eh tapi katanya siy nanti paspor biasa juga bakal diganti pake epaspor ini, karena kalo di luar negeri kebanyakan negara lain udah pake yang modelnya epaspor..

Emang bedanya apa siy epaspor ama paspor biasa? Bedanya cuma di epaspor itu ada chipnya, jadi data kita udah masuk di chip itu jd lebih aman..bentuknya ya sama aja kaya’ paspor biasa..cover & warnanya beda dikit, yg epaspor hijaunya lebih muda, agak tosca klo diperhatiin..lebih cantik..hehe *penting*

 

epaspor vs paspor biasa

Yang mesti disiapin kalo mau bikin epaspor :

1. Fotokopi KTP

2. Fotokopi KK

3. Fotokopi Surat Nikah

4. Fotokopi Akte Kelahiran

5. Fotokopi Ijazah Sekolah/Universitas (salah satu aja, kemaren gue bikin pake Ijazah SD)

6. Surat Keterangan Bekerja dari kantor (untuk PNS, Pegawai Swasta dll)

7. Fotokopiannya harus di kertas A4 dan Dokumen ASLI harus disertakan ya, ga bole cuma fotokopiannya aja.

8. Khusus untuk anak-anak, harus ada surat pernyataan dari orang tua & bermaterai, bisa print sendiri di rumah download dulu templatenya di websitenya Imigrasi, atau beli di koperasi kantor Imigrasi, biayanya Rp. 8.000 udah termasuk materai Rp. 6.000

Kalau udah lengkap, dateng deh pagi-pagi ke Kantor Imigrasi..kenapa mesti pagi-pagi? Karena antriiiiiii..hihi dan setiap hari ada quotanya, kalau quota udah abis ya ga bisa daftar lagi, mesti coba datang lebih pagi besok-besok..hehe..kalau mau cek quota bisa liat di link ini ya http://infoantrianpaspor.imigrasi.go.id/

 

 Kemaren ini gue bikin di Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Selatan, sekarang khan bikin paspor udah boleh dimana aja ga mesti tergantung domisili KTPnya..Gue milih di sini karena di sini salah satu Kantor Imigrasi yang bisa bikin Epaspor, jadi memang ga semua kantor Imigrasi bisa bikin Epaspor..setau gue baru 5 Kantor Imigrasi di Jakarta yang bisa..

Trus di sini juga ada playground & ruang menyusuinya jadi kalo bawa anak-anak, nunggunya bisa sambil main, walopun kecil tapi lumayan lah bisa menghibur anak-anak yang bosen nunggu antrian.. 

Proses bikin epaspor mesti daftar langsung (ga bisa online, klo paspor biasa bisa online), jadi datang ke sini naik ke lantai 2, depan lift langsung ada meja pendaftaran..nanti berkas kita dicek sama petugas, bilang kalo mau bikin epaspor nanti di lembar pendaftaran kita bakal dicap EPASPOR, kalo berkas-berkas udah OK, nanti dikasih map warna kuning & dikasih no. Antrian..lembar pendaftarannya nanti mesti diisi dengan huruf besar & tinta hitam, semua fotokopian dimasukin ke map masing-masing sesuai namanya.

 

meja pendaftaran depan lift di lantai 2

Abistu mesti tunggu no. Antrian kita dipanggil, no. Antriannya terpampang di TV juga, kalau udah dipanggil, nanti kita serahin map kuning yg isinya udah lengkap tadi ke petugas abistu diwawancara & difoto langsung di meja yang sama jadi ga ribet pindah-pindah ruangan kaya’ jaman dulu, abistu dikasih bukti pembuatan epaspor..

 

ruang tunggu pembuatan paspor

Nah abistu tinggal bayar ke kantor cabang BNI deh, atau lewat ATM BNI juga bisa, tapi katanya siy lom bisa pake internet banking BNI..Biaya bikin epaspor per orang Rp. 660.000 (udah termasuk admin BNI), harus segera dibayar supaya bisa diproses ya, abis bayar kita ga perlu balik lagi ke Kantor Imigrasi kok..baliknya nanti sekitar 3-5 hari kerja untuk langsung ambil epaspornya..

mesin untuk antrian ambil paspor

Untuk ambil epaspor, kita mesti ambil no. Antrian lagi, nah pake mesin ini buat ambil no Antriannya..trus nunggu lagi deh buat dipanggil..hehe harus banyak sabar emang ya kalo bikin paspor hehe..tapi sekarang much better banget dibanding 5 tahun lalu..lebih mudah, lebih cepet & ga ribet..

loket & ruang tunggu antrian pengambilan paspor

Pengalaman gue kemaren, setiap hari memang ada no. Prioritas (khusus balita, lansia, ibu hamil) tapi itupun ada quotanya. Karena gue datengnya kurang pagi, gue dateng jam 8an, no. Prioritas udah abis, no. Antrian walk in juga udah abis, tapi karena gue bawa bayi jadi tetep dikasih no. Antrian dan diminta balik lagi pas jam 4 sore supaya ga perlu nunggu lama..dan bener aja siy, gue dateng lagi jam 4 sore, ga nyampe 1 jam udah kelar prosesnya..yeay!

So yang mau bikin paspor buat babynya ga perlu kuatir bakal nunggu lama lagi, triknya siy dateng pagi jam 7 sebelum Kantor Imigrasi buka, biasanya no. Prioritas masih available dengan catatan babynya harus ada pada saat pendaftaran..ga bakal dikasih no prioritas kalo bayinya ga ada di tempat..kemaren aja ada bayi masih merah digendong-gendong hihi

Pelayanan Kantor Imigrasi makin ok semoga makin berkurang yang pake calo ya..ga perlu bayar calo mahal-mahal kalo semua dipermudah kaya’ sekarang..

 

dari masa ke masa

 

Nara 6 bulan VS Nara 6 tahun

 

 

bayi punya epaspor

 

Semoga epaspornya bisa segera diisi stempel negara lain ya hehe.. #butuhpiknik

Yuk ah bikin paspor sendiri, mudah & murah..😊😊
BheBoth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s