Man in the mirror..Agen perubahan..

Yang seumuran gue, pasti tau judul lagu di atas khan? It’s one of my favorite song from my favorite musician, the King of Pop, Michael Jackson.

The lyrics goes like this :

I’m Starting With The Man In
The Mirror
I’m Asking Him To Change
His Ways
And No Message Could Have
Been Any Clearer
If You Wanna Make The World
A Better Place
Take A Look At Yourself, And
Then Make A Change

Perubahan itu harus dimulai dari diri sendiri, ga bisa kita ngomel-ngomel kalo terjadi banjir padahal kita masi suka buang sampah sembarangan, ga guna juga kita ngomel jalan tol macet mulu tapi kita masi suka lewat bahu jalan. Semuanya bermula dari diri sendiri, keluarga kita sendiri, lingkungan terdekat kita.

Ada salah satu program Unilever yang baru saja dilaunching 12 November 2014 lalu. Program ini dinamakan Project Sunlight dengan tema Dukung Masa Depan Sehat. Project Sunlight ini mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menerapkan cara hidup yang lebih sehat dan lebih lestari sehingga bisa mewujudkan masa depan yang cerah untuk generasi berikutnya.

Project Sunlight ini terfokus pada masalah sanitasi di Indonesia. Tau ga siy kalo masi buanyak rumah tangga dengan sistem sanitasi yang buruk di Indonesia? Ada 63 juta orang buang air besar di tempat terbuka, dan 46% rumah tangga tidak menggunakan fasilitas jamban yang baik, bahkan hanya 2.3% orang Indonesia yang bersikat gigi secara benar. Apakah kamu salah satunya?

Masalah sanitasi ini penting disadari oleh semua masyarakat, karena masalah sanitasi mempengaruhi pendidikan, mempengaruhi kesehatan, mempengaruhi angka kematian Ibu dan bayi, mempengaruhi banyak aspek di sekitar kita.

Trus apa siy bisa kita lakuin? first thing, ya mulai dari diri sendiri, karena project Sunlight ini tidak mungkin berjalan tanpa adanya kerjasama dari masyarakat luas. Yang paling gampang deh ya, bisa cek ke websitenya Project Sunlight di : https://www.projectsunlight.co.id, trus unduh berbagai materi menyangkut sanitasi, diprint trus tempel di kamar mandi di rumah kita.

Atau bisa juga nyumbang pamflet-pamflet ini buat ditempel di sekolah anak-anak kita. Ga susah kok dan ga mahal, cuma butuh niat dan kesadaran aja. Nih gue kasi linknya langsung deh ya biar ga bingung nyari materinya dimana :

https://www.projectsunlight.co.id/Images/Unilever_SunlightProject_MateriEdukasi_tcm233-402277.pdf

Sebenernya masi banyak lagi yang bisa kita lakuin, misalnya dengan berbelanja produk Unilever di Lottemart, kita bisa ikut berdonasi, nanti donasinya digunakan untuk meningkatkan akses terhadap edukasi dan fasilitas sanitasi untuk masyarakat Sumba, NTT. Atau kalo punya ide-ide untuk gimana caranya hidup lebih sehat dan lestari bisa juga masukin ide di websitenya project Sunlight itu, dan yang punya banyak waktu berminat jadi relawan? boleh banget..klik aja di https://www.projectsunlight.co.id

 

So..Do you wanna make a change? Let’s!

 

BheBoth

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s