Yogya Aku Kembali..

terus terang gue ga punya keterikatan apa2 ama Yogya..maksudnya gue ga punya sodara ataupun nenek moyang gue ga pernah ada yg tinggal di kota ini..tapi entah kenapa it keeps me coming back here..

Pertama ke Yogya mungkin skitar umur 9 tahun ama Opa-Emak, tante n kakak gue..qta berlima naik kereta, jalan2 seru without my parents..klo liat foto2nya lucu banget..jadi inget alm. Opa gue who i really miss alot..trus kedua kali ke Yogya sama sekolah, jadi pas kelas 6 SD seangkatan jalan2 ke Yogya, sempet ngunjungin gedung Muhammadiyah juga *mentang2 sekolahnya di situ*..Ketiga kali, field trip ama kampus..itu tahun 2004..dan itu terakhir kali gue ke Yogya..

Dan setelah 8 tahun..akhirnya menginjakkan kaki lagi di Yogya..oh how i miss this beautiful city..sebenernya udah dari taun lalu gue pengen ke Yogya, tapi rejeki berkata lain..*maksudnya dapet tiket promonya tahun ini, jadi harus sabar2 menunggu* haha..mayan lah tiketnya cuma 20 ribu PP per orang..

Hari kamis jam 4 pagi qta berangkat dari rumah..Nara diangkat aja masi pake baju tidur, eh ampe taksi malah melek..yasud diganti aja bajunya..Nara ga mau ganti celana, masi ngantuk juga kynya..ampe Airport udah rame aja yah..padahal masi subuh loh itu..ckckck..

Nara pun segar bugar, minta makan pula pagi2 gtu..hihi..oiya kali ini gue ajak si mbaknya Nara *mumpung tiketnya muree yee*, ini pengalaman pertama dia naik pesawat..etapi dia ga ada tegang2nya banget lho..santai aja ky di pantai..hihi..sempet gue foto2in dia di airport biar ada kenang2annyaπŸ™‚

abis check in, mampir ke lounge dulu, sholat subuh dulu, makan nasi uduk dikit plus gue minum kopi..abistu langsung dipanggil ke boarding room..buru2 lah itu makannya..ampe boarding room udah last call haha..penerbangannya mayan mulus..baru take off sebentar eeh si kapten uda menyapa dan bilang “Selamat Datang di Yogyakarta” hihi..bentar amat yah naik pesawatnya..

Landing di Yogya, hqm langsung dapet telpon dari kantor, kasian dia gi cuti juga masi aja dicariin orang2 kantornya *pukpuk*, dan gara2 ditelp itu, dia ampe ga ngeh klo dompetnya ketinggalan..jadi udah jalan jauh eeeh mesti balik lagi ke pesawat, untung masi ada tuh dompetnya..alhamdulillah masi rejeki..πŸ™‚

bergaya foto ama badak yg kupingnya udah somplak..πŸ™‚

Abistu langsung ketemu ama org Car Rental, tapi pas ngelewatin patung badak out of nowhere Nara minta foto di situ..hihi..tumben bener minta difoto nih anak..dan biasanya klo dia yg minta buat foto, trus dia bergaya deh..hihi..yauda akhirnya gue nemenin Nara foto2 dulu, yg lain nungguin di pintu yg mengarah ke parkiran mobil..ternyata mau ke parkiran mesti ngelewatin bawah tanah dulu, ada travelatornya..cool..

Setelah terima kunci, langsung pasang GPS biar ga nyasar soalnya qta sewa mobil lepas kunci alias ga pake supir n bensin..little tips klo sewa lepas kunci better ambil yg 24 jam dibanding 12 jam, bedanya dikit banget kok, biar lebih bebas jalan2nya ga keburu2 waktu..

Ok here we gooooo..

First Stop : Pom bensin pastinya haha..cuma dikasi segaris bookk..abistu ke Circle K beli ransum roti n minuman2..trus ke Malioboro..masi sepi..hihi garing..cuma ngeliatin orang makan pecel n gue iseng minum jamu di situ..can’t resist tiap liat mbok jamu..πŸ˜›

manusia setengah pohon tanpa kepala..hiii..πŸ™‚

trus lanjut ke Keraton Ngayogyakarta..baru kali ini nih gue jalan2 di keraton pake guide dan gue beneran dengerin guidenya hehe..biasanya mah asal lewat n kebanyakan foto2nya..ternyata seru banget..

banyak hal menarik yg diceritain ama Pak Harjono sang guide qta pagi itu..dari mulai cerita Alun-alun Utara yang dulunya digunain buat Acara Hukuman..jadi jaman dulu kalo mau hukuman mati ya di situ supaya rakyat bisa liat..Hukuman mati yg paling tinggi itu dengan cara dimakan macan..hiiiii..sereeemm..tapi akhirnya hukuman mati itu dihapus mulai dari Sultan HB VIII *fiuhh*

keraton ngayogyakarta..masi pagi sepi serasa milik dehπŸ˜›

ada juga cerita tentang satu pohon yang cuma bisa ditanam n tumbuh di dalam Keraton..kalo mau coba nanem bijinya di rumah pasti ga akan tumbuh..Pak Harjono udah nyoba 7 kali dan ga pernah berhasil tumbuh hehe..gue lupa nama tanamannya, tapi ktnya tanaman ini kalo malem harum baunya, jadi ky pengharum ruangan buat di Keraton..πŸ™‚

anak bocah minta difoto sambil nongkrong..πŸ™‚

oiya ada juga satu tempat bentuknya kaya’ tenda di dalem keraton..gue juga lupa namanya nih hehe..tapi tenda ini keren, bisa bergema padahal ke-4 sisinya kebuka..canggih yah? jaman dulu bisa bikin kaya’ ginian..more than 200 years a go..amazing..

hqm lagi tepuk2 biar bergema..cool..

abis dari Keraton, mbaknya Nara pamit..udah dijemput tunangannya..jadi emang gue ngajak si mbaknya ini cuma buat ngajak dia naik pesawat, karena tunangannya emang tinggal di Bantul deket Yogya, jadi biar aja dia kangen2an ama tunangannya, nanti pas mau balik ke Jakarta baru dianter lagi ketemu gue..:)

Trus qta lanjut jalan kaki ke Museum Kereta, ngeliat kereta dari jaman dulu umurnya skitar 100-200 tahun tapi masi bagus2..yang paling keren siy menurut gue ada dua, kereta kencana yg dilapisin emas dan kereta jenazah..

ini foto di depan kereta kencana..maapkan anak saya yg hobby ngupil..πŸ˜›

Dan kereta2 ini masi dipake ampe sekarang, hebat ya yang bikin, umurnya padahal khan udah ratusan tahun, waktu pernikahan anaknya Sultan HB X masi dipake tuh..jadi tiap kereta ada kegunaannya masing2..ada yang buat putri yg belom menikah, ada yang buat para penari keraton, ada yang buat istri Sultan jalan2 keliling kota..

Nara demen liat kuda2annya..”mau sayang2 kuda” katanya..hihi lucu amat siy..trus diajak liat kuda benerannya di samping museum..ada dua warna hitam n coklat..bagusss deh kudanya..GEDE..πŸ™‚

Nara sayang kuda..πŸ™‚

Selesai sudah tur di keraton n museum kereta, bye-bye pak Harjono..rencananya mau lanjut ke Istana Air Taman Sari tapi Nara tepar..akhirnya qta makan dulu di Bale Raos..ini masi di dalem kompleks Keraton, katanya makanan2 di resto ini favoritenya para sultan..gue pesen Bistik Lidah dan ternyata enyaaaak banget..sayangnya kurang banyak haha..

Abis makan, Nara masi tidur..akhirnya qta jalan2 seputar Alun-alun Utara, nemu POSYANDU (Pos Pelayanan DAGADU) hihi mampir deh..tapi ga beli apa2 siy..cuma beli mainan ular tangga Yogya buat Nara n keponakan gue si Reiko..abistu Nara mulai melek, so we decided to go to Taman Sari..

Lanjut di cerita berikutnya ya..

BheBoth

5 thoughts on “Yogya Aku Kembali..

  1. Pingback: Yogya Aku Kembali bagian ke-2.. | welcome to my words

  2. Wah asik banget Both sempet ke Keraton. Gue mah pas ke Yogya sama Nadira lupa ke sini. Mungkin karena info yang gue cari banyakan tentang wiskulnya ya, hihihi..

    TFS ye, next time ke Yogya, kudu ke mari ahπŸ™‚

Leave a Reply

