it gives me headache but i enjoy it very much..

apakah itu?

bikin itinerary😛

menurut kamus itinerary itu diartikan kaya’ gini :
a detailed plan for a journey, especially a list of places to visit; plan of travel.

yes ngerencanain perjalanan itu sesuatu yang bikin pusing tapi sangat menyenangkan buat gue..apalagi kalo travellingnya ke tempat yang belom pernah gue sentuh sama sekali bisa pusingnya nambah2 deh..

untungnya sekarang jaman dah canggih, jadi kalo lagi bikin itinerary gue lengket banget ama om google, mas tripadvisor, dan situs2 penyewaan hotel dan tentunya blog2 orang suka bikin catatan perjalanan..

karena gue sangat menikmati proses berpusing2 ria ngebikin itinerary ini, kadang2 dengan sukarela menawarkan ngebikinin itinerary buat orang lain..*cari penyakit* tapi jadinya ilmunya nambah khan? walopun bukan gue yang pergi jalan2 tapi gue selalu menempatkan diri gue sebagai yang mau jalan2, jadi bikinnya ga setengah2 walopun disesuaikan dengan kondisi dan preferences si traveller itu sendiri..

biasanya waktu yang paling pas buat bikin itinerary itu 1 bulan sebelumnya..karena banyak yang harus dicari infonya, misalnya info harga-jam operasional tempat2 atraksi, trus ga lupa mesti baca review2 orang ttg atraksi itu, DO’s & DONT’s-nya juga penting banget..

kalo bikin itinerary buat ke kota2 yang gue sendiri lom pernah nginjek, biasanya om google will help a lot..kalo bingung apa yang mesti dicari, ketik aja misalnya “what to do in ________ for 3 days”, nah dari hasil pencarian itu bisa disortir deh kira2 yang cocok ama budget dan preferences qta yang mana..

karena gue muslim, kalo bikin itinerary ke LN ga lupa searching lokasi masjid/mushola dan restoran yang jual makanan halal, kalo ke negara ASIA masi lebih gampang siy nyarinya..bahkan di vietnam dan bangkok, list tempat makanan halal dan mesjid banyak seliweran di internet..jd tinggal dibikin listnya dan print buat pegangan pas qta jalan2 di sana..

biasanya gue kalo bikin itinerary (almost) detail..minute to minute gue cantumin, dan harga2 misalnya tiket masuk atraksi atau biaya makan dan hotel plus budget belanja gue cantumin, biar ga bablaasss..hehe..tapi yang jarang gue cantumin adalah detail transportasinya..biasanya kalo ke negara yang transportasinya bagus, gue cuma cantumin biayanya aja..tapi nomer bus atau train ga gue cantumin, karena gue lebih menikmati ngeliat peta dan informasi di halte atau train station pada saat gue travelling..I Love reading maps..hehe

etapi itu pengalaman gue ke singapore doank siy..maklum deh jalan2nya belom jauh2..maybe someday kalo ke JAPAN harus ditulis biar ga nyasar ya..secara katanya di sana stasiun gedeee bener..hihi..*aminn*

itinerary itu sebenernya dibikin buat mempermudah qta pada saat travelling..biar waktunya ga kebuang percuma hanya karena nyasar atau ga tau mau kemana..khan sayang udah beli tiket mahal2, tapi di negara itu ga maksimal jalan2nya..tapiiii mesti fleksibel juga, harus bisa cari alternatif kalo something happened yang ga sesuai itinerary..

oiya satu lagi niy, berhubung sekarang dah punya anak yang hobby jalan2 juga, jadi kalo lagi travelling ga lupa cari tempat2 yang menarik buat anak2..anak senang pasti emak-bapaknya ikut seneng khan???

awal bulan ini gue bikinin itinerary buat bokap-nyokap selama 5 hari 4 malem ke Ho Chi Minh City, alhamdulillah mereka sukses jalan-jalannya walopun cuma berdua..dan mereka ngakunya kebantu banget ama itinerary yang udah gue buat beserta list tempat makanan halalnya..yeay! senangnya..

nah PR lagi bulan ini adalah bikin itinerary buat hqm yang mau kerja plus jalan2 hihi..sayangnya saya ga bisa ikut..eh bukan ga bisa siy tapi ga mau ikut..abis jalan2nya cuma 4 hari, training 5 hari..rugiii ah..*loh kok jadi curhat*

bulan depan mau fokus bikin itinerary buat liburan qta di bulan april..sebenernya udah mulai browsing dari taun lalu, tapi masi bongkar pasang terus..belom fixed masi cari yang paling pas..karena terlalu banyak yang mau dikunjungin jadi waktu 4 hari dirasa juga ga cukup..huhu..*pusiingg*

aaah cant wait for our next trip..woohoo..!

4 thoughts on “it gives me headache but i enjoy it very much..

  1. setuju bangettt buat bikin itin detail sampe budget2nya. lumayan bgt lo biar kita tau mestu bawa duit berapa dan pas belanja2 gak jebol. btw gue juga pas bikin itin jepang detiiiiil bgt sampe stasiun2nya plus fee-nya berapa. abisan takut krn gak bisa baca hiragana/kanji kan.

    tapi emang sih, bikin itinerary itu ribet tapi seru, hehehe..

Leave a Reply

