Nara hampir 35 bulan..

dan gue baru memulai (lagi) buat ngajarin Nara buat pipis dan pup di toilet..telat banget yaa..tak apa lah better late than never khan? hihi..

eh sebelumnya maap yee pembahasannya agak jorse sedikit..namapun gi ngmgin toilet learning, bahasannya ga jauh2 dari pipis n pup khan hehe..

ternyata emang bener, toilet learning itu harus diliat kesiapan anaknya ya..dulu waktu Nara umur 27 bulan gue pernah coba Nara buat lepas pampers kalo pagi ampe sore tapi yang ada malah ngompol melulu..giliran ditatur, eeh ditungguin di toilet ga pipis2..

tapi kemaren ini gue mulai skitar 2 minggu lalu..gara2 gue pusing liat pampers 1 pak abis dalam seminggu..*hadehh* *emak irit* soalnya Nara kadang dalam sehari bisa tuh pup 2-3 kali..masa’ 24 biji pampers abis dalam 7 hari naak??? *pusing*

akhirnya nekat aja deh gue bilang ama Nara, “Nara cobain ya ga pake pampers, kalo mau pipis bilang mama atau papa atau mbak, nanti pipisnya di kloset, ok?” Nara jawab “ok..” mulai lah hari itu lepas pampers, 1-2x ngompol..besoknya dicoba lagi, masi ngompol lagi..dan karpet pun jadi korban..hihi..besoknya coba lagi, tidur siang pun ga gue pakein pampers tapi tidurnya gue alasin perlak *untung masi ada tuh perlak jaman Nara bayi*, dan Nara ga ngompol..yeay!

Dan lama-lama Nara uda bisa bilang kalo dia mau pipis..jadi kalo di rumah, tiap pipis pasti ke kamar mandi dan dia duduk di kloset..kemaren waktu jalan-jalan ke bandung, Nara sama sekali ga pipis di pampersnya..selama jalan2 tetep gue pakein pampers, tapi karena nara selalu bilang kalo mau pipis, jadinya selalu pipis di toilet dan pampersnya pun kering..double yeay!

selama toilet learning ini, kalo malem Nara bobo tetep pake pampers, tapi semalem Nara bilang mau pipis dan dia langsung buka celana n pampersnya sendiri, selesai pipis trus dia bilang “Nara ga mau pake pampers, maunya pake celana dalem aja”, gue langsung semangat “bener nih? tapi bobonya dialasin perlak ya, kalo mau pipis bilang ya?” yauda gue bismillah aja, makein celana dalem, pasangin perlak, nyiapin handuk *buat ngelap kalo ternyata dia pipis* trus Nara bobo deh..bablas ampe pagi ga kebangun dan KERING! SUPER YEAY! pinteerrr..

Alhamdulillah deh proses toilet learningnya ga pake ribet2..gue tuh paling males kalo ngompol dimana2 itu lho..tapi ternyata hal yang gue takutin ga terjadi..jadi saya mau coba tiap malem Nara bobo ga pake pampers..kalo perlu nanti kalo pergi2 juga ga pake pampers..*semoga bisa*

I’m A Proud Mama..

BheBoth

6 thoughts on “Nara hampir 35 bulan..

  1. Hehhehehe..menyenangkan rasanya yah…cuma gw pernah punya pengalaman, lg kejebak macet gara2 rel2 kereta..tiba2 Kendra bilang “mommy..mau’eek” huaaa….panik total..!!! krn mobil bener2 stuck dan gak ada toilet terdekat :p

Leave a Reply

