For A Special Mom..

Postingan ini gue dedikasiin buat sahabat gue..salut banget ama ketabahan n kegigihannya..i’ve never been in her shoes, so I really don’t know what’s it like..perjuangannya jadi ibu berkali2 lipat perjuangan gue..Allah loves her very much indeed..and I’m gratefull to be able to share this story..

Sahabat gue dikaruniai seorang anak yang special..Namanya Malik..dia mengidap Cerebal Palsy..untuk jelasnya Cerebal Palsy itu baca di sini dan di sini ya..gue cuma pengen cerita kekaguman gue akan sahabat gue ini..ngerawat anak yang normal aja kadang qta *qta?? Lo kali both hihi* suka ngeluh *dalam hati* entah cape lah, entah stress lah..pasti ada ajaaaa..nah ini sahabat gue dikasih rejeki special ama Allah, tapi gue hampir ga pernah denger dia ngeluh..

Dari saat masih bayi, Malik harus setiap hari diterapi supaya mencegah otot2nya memendek, karena anak yang Cerebal Palsy, ototnya mudah memendek dan kaku..terapi ini kalo di Jakarta per kedatangan biayanya bisa 150 ribu.. kalo cuma sekali-dua kali mungkin ga berasa mahal..tapi kalo tiap hari? 30 hari sebulan? 365 hari setahun? U do the math..MAHAL yang pasti..

Makanya sejak sahabat gue ini nemuin tempat terapi yang bagus dan lebih terjangkau di Solo, pindah lah dia ke sana..misah ama keluarganya, misah ama sahabat dan temen2nya, bahkan ga jarang mesti misah ama suaminya juga, karena sang suami kerja di Jakarta..bisa bayangin ga, mesti ngerawat anak special dengan penanganan dan terapi khusus, jauh dari orang tua, keluarga, sahabat2 bahkan suami? Qta aja yang masi tinggal bareng suami, bahkan tinggal serumah ama ortu, kadang masih aja suka ngeluh kalo anak qta rewel atau sakit..*jadi malu hati*

Perkembangan Malik alhamdulillah membaik sejak mereka pindah ke Solo..dia udah bisa mengekspesikan perasaannya..”udah bisa ngamuk” kalo sahabat gue bilang..ternyata “ngamuk” adalah perkembangan positif buat anak Cerebal Palsy, karena berarti kemampuan otaknya sudah terlatih untuk bisa mengekspresikan sesuatu yang dia tidak suka/tidak nyaman..Nah kalo anak qta ngamuk, yang ada qta stress bahkan ada yang ngerasa anak gue ga bisa dibilangin dsb..padahal harusnya qta bersyukur anak qta bisa “ngamuk” karena ternyata ada anak2 “special” yang belum tentu bisa “ngamuk”..

Di PNTC (Pediatric Neurology Therapy Centre) ini berkumpul anak2 Cerebal Palsy dengan berbagai tipe dari berbagai kota di Indonesia..ada yang dari Papua, Padang, Kalimantan, Sulawesi, Bandung dan lainnya..Di sini sahabat gue merasa lebih tenang dan nyaman dengan treatment yang diberikan.. karena memang terapi ini harus dilakukan sepanjang hidup Malik..makanya sahabat gue ini akhirnya memutuskan untuk beneran pindah ke Solo dengan ngebangun rumah di sana..

Sahabat gue masih harus bolak-balik Solo-Jakarta tiap 3-4 bulan untuk tes darah dan citiscan..ini untuk memantau virus yang ada di otak Malik, apakah treatment obatnya berhasil melemahkan virusnya atau ga..sekali tes darah bisa 3 jutaan, belum lagi citiscan dan obat2annya setiap bulan bisa habis ratusan ribu..*sigh*

Gue selalu percaya Allah tidak akan menguji di luar kemampuan umatnya..jadi gue yakin, Allah sayang banget ama Malik dan sahabat gue beserta keluarganya..Allah pasti jaga mereka, Allah pasti kasih kekuatan dan kesehatan buat mereka..Gue dan sahabat2 yang lain selalu support dan berdoa supaya Malik sehat terus dan makin pinter..

Mily..i learn a lot from u..u are one of my inspirations..I pray may Allah always give u strength and health..u are truly a special mom..we love u.. Always..

So Happy Mother’s Day to every woman in the world..
Thanked our mothers for making us who we are today..

BheBoth

11 thoughts on “For A Special Mom..

  1. Met kenal mba…selama ini saya jadi silent readermu🙂
    Subhanallah…saya terharu membaca cerita temanmu itu, semoga temanmu itu diberi kesabaran dan keikhlasan dalam merawat titipan-Nya.
    Saya seperti diingatkan utk lebih sabar kepada anak. TFS🙂
    Ijin link blognya yaaa, thanks

  2. It’s very touching and inspiring ya Both.
    Berasa jd ibu dua anak belum ada apa-apanya nih😦
    Salute to your friend. That’s why surga ada di telapak kaki ibu.

  3. Gw sampe nangis bacanya both, malu hati karena suka ga sabaran sama Nara😦 sementara ibunya Malik ga pernah ngeluh&tough banget. Salam yaa untuk sahabat lo, semoga dia, Malik & keluarga kecilnya selalu dilimpahi berkah, rejeki dan dikasih kemudahan sama Allah.

  4. yahh….mewek deh gw di kantor😦
    asli gw tuh seringgg bgdd stress kl Rapha lg ga bs diatur
    tapi ya amoun ternyata itu ga ada apa2nya ya dibanding ibunya Malik.

    kirim salam utk sahabatmu ya bu, smoga dia terus kuat menjalani ini

Leave a Reply

