Shop til U drop..

Ini postingan agak telat, tapi berhubung ada request dari sahabat yang mau ke Singapore, jadi gue mau share sedikit pengalaman belanja di Singapore..

 

IKEA

Dari dulu kalo ke Singapore, IKEA is A Must Visit Place, ada dua cabang di sana, IKEA Tampines dan IKEA Alexandra..IKEA Tampines emang jauh lebih luas, barangnya siy kurang lebih sama ama yg di IKEA Alexandra, tapi di IKEA Tampines lebih banyak special offer..nah berhubung IKEA Alexandra itu letaknya lebih deket dari kota, dan di seberangnya ada Anchor Point Mall, jadi gue pribadi lebih suka ke IKEA Alexandra😛 *biar sekalian belanjanya*

IKEA itu barangnya lucu-lucu dan harganya relative murah..ada juga siy yang mahal, tapi kalo di Jakarta, toko model begini misalnya Index/Informa/Ace Hard Ware harganya lebih mahal lagi..tapi gue kalo ke IKEA emang cuma cari barang yang murah2 siy, kalo bisa dibawah S$10, dan nyari yg emg bermanfaat dan gampang bawanya biar ga menuh2in koper hehe..

Sebelum ke IKEA, ada baiknya kalo ngintip katalognya dulu di website IKEA..tapi kalo ga sempet jangan kuatir..soalnya di pintu masuk IKEA qta bisa minta katalognya, ada catalog yg buat dipinjem dan dibaca selama belanja di sana, ada juga catalog yang boleh dibawa pulang, kalo buat turis gratis kok jadi kalo gue selalu ambil buat baca2 di rumah, lumayan buat inspirasi kalo mau renovasi atau ganti perabot rumah hehe..atau cuma ngeliatin sambil ngayal punya kitchen set atau wardrobe set yang keren juga udah seneng khan? Hehe..

Di IKEA juga disediain pensil, penggaris dan kertas buat qta nyatet n ngukur perabotan yang mau dibeli, biasanya siy ini buat perabotan2 besar kaya sofa, meja dll..klo ke IKEA, gue butuh at least minimal 2 jam, karena yang diliat banyaaaakk, ada showroom2nya juga, jadi bisa kebayang kalo beli lampu bagusnya ditaro dimana..aaahh jadi pengen ke sana lagi, kayanya gue dilepas seharian di situ juga betah deh hehe..

Di sana ada restorannya yang terkenal enak, menurut gue yg enak itu salmonnya, tapi kurang kenyang hehe, kalo menu nasi adanya nasi goreng + sayap ayam, nasi gorengnya mah biasa aja, tp porsinya gede, sayapnya apalagi, giant! Hehe..worth the price..enaknya lagi, ini sistemnya selfservice, jadi ambil2 sendiri, seru aja siy mereka juga nyediain trolley makan, jadi ga ribet bawanya..kmrn gue kebantu banget pake trolley makan secara sambil ngegendong Nara yg bobo hehe..oiya di sini selain ada restoran, ada cafenya juga, jual cemilan2 gtu, ada hotdog yg cuma S$ 1, ada es krim cuma S$ 0.50, trus jual makanan2 ringan khas Swedia..

Di IKEA ini juga ada playground buat anak2 yg di atas 90 cm, sayangnya wkt itu Nara lom cukup tingginya jadi lom bole maen deh..hehe..kalo yang ke IKEA bareng suami/sodara, bisa aja tuh anaknya main di playground sambil ditungguin suami/sodara, mamanya shopping deh hehehe..

 

Mustafa Center

Pusat Perbelanjaan ini letaknya di Little India, ini juga a must visit place..Tempat ini jual segala macem deh..u name it, they got it! Dari mulai sepatu, baju, koper, alat elektronik, oleh2/pernak-pernik Singapore, make up, obat2an, makanan, sembako, bahkan jualan emas juga..ck ck ck..dan jangan kuatir, di lantai dasar ada money changer jadi ga perlu bingung kalo mau tuker uang, ratenya lumayan bagus kok..oiya Mustafa Center ini buka 24 jam, jadi kapanpun mau belanja ga masalah..gue pernah kok ke sini jam 3 pagi hahaha..😛

Biasanya gue kalo ke sini buat beli coklat, segala macem coklat ada, dan murah2..mayan khan buat oleh2 orang rumah..dan juga buat beli tiger balm *biasa lah titipan emak* hihi kalo di sini berbagai varian ada, dari mulai balsam, sampe lotion buat otot, kynya paling murah beli tiger balm ya di Mustafa ini deh..

Mustafa Center ini baru aja diperluas, jadi areanya makin gede, dan barangnya makin macem2, sekarang dia juga punya bakery dan supermarket sembako di dalemnya..hihi..tumplekk blekkk deh semuanya di sini..Penampakan Mustafa Center ini bukan kaya mall ya, kalo di Jakarta mgkn kaya Ramayana gtu lah, tapi bedanya jualannya macem2..Ruangannya siy berAC, tapi crowded, penuh barang dan penuh orang, kalo bisa ke sana jangan pas wiken, tambah umpel2an pastinya..Tiap lantai terkonsentrasi barang2nya, misalnya jam, gadget di lt. dasar, kalo makanan ringan & coklat di lt.1, baju & sepatu di lt. basement 1, alat elektronik di lt. basement 2..CMIIW agak2 lupa soalnya hehe..

Nah kalo belanja di Mustafa Center ini minimal S$100 bisa dapat GST tapi harus ngurus sendiri ke bagian GST di lt. basement 2, jangan lupa bawa struk belanja, paspor dan kartu kredit, nanti ada form2 yang harus diisi. Setelah itu formnya (rangkap 2) dikasih ke qta dalam amplop, nah form itu nanti qta serahin ke petugas GST di Airport Changi sekaligus petugasnya ngecek barang yg dibeli, setelah diverifikasi form rangkap pertama masukin lagi ke amplopnya dan dicemplungin ke kotak surat yang ada di bagian GST, rangkap keduanya qta simpen buat bukti GSTnya..nanti diproses kurang lebih 2 minggu, uang GSTnya bakal ditransfer ke kartu kredit qta..gampang khan???

 

H & M

Ini brand yang baru buka cabang di Singapore, jadi emang masi happening bgt alias rameeeee terus..barangnya emg bagus2 dan harganya relative terjangkau..sepatu flats S$24.50, tas S$39.90, baju S$14.90..yang buat anak2 juga lucu2, gue hampir kalap waktu ke sana, untungnya pake mikir berkali2 jadinya banyak barang yg gue balikin hahaha..

H & M ini letaknya di Orchard Road, persis di samping Somerset Station, pas di tikungan, u couldn’t miss it! Ada 3 lantai, lt 1 isinya baju n asesoris wanita, lt.2 isinya masih baju wanita n lingerie, lt.3 isinya baju anak dan baju pria..tiap lantai ada kasirnya, dan bole bayar di kasir mana aja, jadi saran gue siy, ambil barang2 yang emg qta suka masukin ke shopping bagnya, keliling terus aja sampe puas, abistu baru cari kasir yang sepi..biasanya kasir yang di lt.1 paling rame, dan di bagian anak yg agak sepi.. J

 

Anchor Point

Ini salah satu mall yang MUST VISIT juga..kenapa? karena isinya barang2 outlet dengan harga diskon sepanjang tahun..nah kalo lagi ada program diskon, mereka ikutan juga sama kaya di mall2 lain, jadi yg tadinya harganya udah didiskon, jadi double diskonnya..hehe..

Di mall ini ada Charles & Keith outlet, Pedro outlet, Cotton On outlet, Cotton On Kids outlet, FOX outlet dan beberapa merk terkenal lainnya..Waktu gue ke sini, senengnya ke Cotton On Kids, berhubung lagi ada program diskon 30 % all stores, jadi yg di sini pun ikutan diskon 30 %..baju anak S$ 5 didiskon lagi 30 % lumayan khan murahnya..hehe..lumayan kalap deh gue ke sini, ampe berkali2 bolak-balik..Di Cotton On juga nemu sandal buat gue cuma S$10, anting2 cuma S$ 0.50, murah banget ya..hehe

Mall ini siy dari luar penampakannya biasa aja ya, ga keren macam ION or Vivo City, dan mallnya termasuk kecil lah, cuma 3 tingkat kalo ga salah, lantai bawah isinya lebih banyak toko makanan dan food court. Oiya kalo abis belanja di Anchor Point trus mau lanjut belanja ke IKEA Alexandra yg persis di depannya, ga usah kuatir ribet bawa belanjaan, di lt. 1 IKEA ada penyewaan Loker tinggal masukin koin S$ 1, bisa naro barang ampe malem, kuncinya qta pegang sendiri, nanti kalo udah selesai kuncinya pun nempel di lokernya, jadi selfservice juga ini judulnya..

 

Daiso

Di Jakarta juga ada ya daiso, tapi kalo di Sin lebih murah, karena dipatok satu harga, all item cuma S$ 2, dari mulai piring-gelas, alat masak, kain pel, sapu, alat mandi, tas, mainan, pokoknya segala ada deh..Daiso ada beberapa cabang di Singapore, setau gue ada di ION, Vivo City, Plaza Singapura, IMM..buat yang suka barang2 Jepang yang unik, mesti mampir niy kalo lagi ke Sin..dijamin betah..

 

IMM Jurong Point

Mall ini hampir mirip ama Anchor Point tapi jauh lebih gede, isinya outlet2 juga..terus terang gue lom pernah ke sini, tapi dikasih tau temen yang emang tinggal di sana, kalo mau cari barang2 branded yang murah salah satunya ya ke sini..kalo mau tau dimana siy IMM Jurong ini klik ke sini ya..dan kalo mau tau ada apa aja di IMM ini bisa klik ini..

 

Rubi Shoes

Nah ini salah satu brand sepatu favorite gue, kenapa? Karena enak dipake dan tentunya muraahh..tiap ada temen yg ke Singapore pasti gue nitip sepatu ini..hihi..model2nya pun simple, awet dan yg pasti ga bikin kaki lecet..Nah kemaren pas ke Sin, gue bela2in tuh nyari Rubi Shoes ke ION Orchard, sayangnya diskonnya kurang mantab, jadinya satu pasang sepatu setelah diskon masi S$ 18, yah tak apa lah, masi lumayan ga mahal2 bgt khan? Sebenernya Rubi Shoes ada di beberapa mall, kadang gabung sama Cotton On, tapi kmrn cuma nemu storenya di ION..Nah buat yg mau ke Sin, siapa yg bersedia gue titipin? No.39 yaaa..makasiyyy loohhh.. *ngarep*😛

 

Lucky Plaza

Semua orang kayanya tau tempat ini ya..hehe..kalo gue ke Lucky Plaza cuma buat tuker dollar dan beli parfum, karena emg jatohnya lebih murah dibanding di mall..parfum di Lucky Plaza ini siy dijamin ama yg punya toko barang asli..ktnya di Singapore ga ada tuh yang abal2 gtu..entah ya bener apa ga..yg jualan juga bisa bahasa Indonesia kok, malah suka bercanda2 gtu..hehe..jadi kalo mau nawar bisa2 aja kok..selain parfum, di Lucky Plaza ini juga jual make up lho..ada juga yg jual alat elektronik, tapi menurut orang2 yang udah pengalaman, mendingan jangan beli alat elektronik di sini, suka ditipu soalnya..better cari ke pusat elektronik lain aja biar aman..

 

Bugis Street

Nah ini tempat beli pernak-pernik atau oleh-oleh Singapore, kalo belinya banyak jadinya emg murah2..klo gue dulu seneng beli magnet kulkas atau gantungan kunci, tapi ke sini2 males ke Bugis Street, karena ga gtu nyaman kalo bawa anak..ini mirip ama Melawai gtu deh..lorong panjang isinya baju, tas, pernak-pernik, campur makanan juga, desek2an, panas dan rameeee..

Changi Airport

Salah satu tempat shopping paling nyaman adalah airport ini..tax free..jadi harganya bisa lebih murah..paling sering belanja make up MAC di Terminal 2 Changi, karena lebih murah 20 % daripada di toko/mall di Sin, dimana jauh lebih murah daripada beli di Jakarta..kadang2 suka beli coklat juga kalo dirasa ada yg lom kebagian oleh2..hehe..

Changi Airport itu ada 3 terminal, dan tiap terminal terhubung dengan skytrain, jadi kalo mau “lompat2” ke satu terminal ke terminal yg laen mah gampang, petunjuknya juga mudah dibaca, dan yg pasti nyaman..Tapiiiii berhubung terminal ini besar ya..jadi mesti kira2 waktu tempuh jalan kaki ke Gate Pesawat berapa lama..ga lucu donkk keasikan belanja tapi ketinggalan pesawat..hehe..makanya kalo emg niat mau belanja di Changi, luangin waktu at least 3 jam sebelum jam keberangkatan..jadi bisa lebih leluasa buat shopping dan ga perlu lari2 karena takut ketinggalan pesawat..

Oiya kalo bingung ada toko apa aja di Changi, bisa ambil peta Changi Airport, di situ ada list toko apa aja di tiap terminal, semua lengkap dengan petunjuknya..atau yg punya Iphone/Blackberry/android, ada aplikasi iChangi juga kok..berguna banget..

Kalopun ga mau belanja, di Changi Airport banyak bgt hiburan, ada playground anak di tiap terminal, bahkan ada The Slide @T3, The world’s tallest slide in an airport, gue ga sempet liat pas ke sana, karena keburu ngajak Nara maen di Family Zone di Terminal 2..lengkapnya buat entertainment di Changi liat di sini ya..

Well that’s it..cuma baru segitu pengalaman belanjanya di Singapore..jarang2 juga siy ke sana, tapi semoga berguna buat yg mau shopping ya..

BheBoth

17 thoughts on “Shop til U drop..

    • eh malah gue yang jawab yak, heuheuheu, wkt itu kesana di anchor point ada mak iti, ruby shoes yang gabung sama cotton on, harga diskonnya jg mayan, cuma variannya lebih sedikit, ya namanya warehouse gitu kali ya hehehe

  1. Asyik ada review tempat belanja yang ok di Sing, langsung masuk folder favorite nih, secara desember mo balik sana lagi soalnya pas Maret kemarin lum puas hehehe. Thank you reviewnya🙂

    • hai prim..kalo gue siy tiap ke LN, sholatnya dijamak, takutnya ga nemu tmp sholat..di sin siy banyak mesjid, tapi klo musholla susah nyarinya di mall2 gtu..liat di sini buat info mesjid ya..atau prepare aja sajadah tipis buat dibawa2 jadi kalo ga sempet balik ke hotel, cari tmp sepi (misalnya ruangan buat ngepas baju) atau tanya ke petugas sapa tau ada mushola atau ruangan yg bisa dipake buat sholat..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s