little tips..

These are my tips when travelling alone with toddler in Singapore..

Be prepare for anything : bawa peralatan tempur yg lengkap, kalo gue kemaren bawa backpack yang isinya tas kecil2 biar lebih rapi n ga pusing ngubek2 tasnya..Jadi ada 4 tas kecil, 1 tas isi baju ganti Nara + dispo, 1 tas isi toiletries, 1 tas isi make up gue, 1 tas isi obat2/salep.

ga lupa juga bawa dompet n HP, paspor, jaket Nara, payung kecil, botol minum, kantong plastik, cemilan, susu, handuk kecil, tisu kering & basah, *jangan pernah lupa bawa tissue basah, soalnya di Sin, toiletnya itu kering alias pake tissue doank, ga ada semprotan air, apalagi kran-ember-gayung jangan harap deh..jadi tissue basah is a MUST* kalo bisa siy tas yang dibawa banyak kantongnya jadi bisa lebih terorganize..oiya gue juga bawa tas lipet kecil buat jadi tas belanja, biar ga banyak kantong yg ditenteng..๐Ÿ™‚

Kenali โ€œmedanโ€ : bawa peta, kalo bisa browsing dulu sebelum brkt mau kemana, jadi ga pake nyasar2 pas udah di jalan..sebenernya kalo di Sin siy transportasinya gampang banget..ga njelimet kaya di Jakarta..semua rute jelas terpampang di tiap halte atau MRT station..tapi tetep harus tau tujuannya mau kemana *misalnya jalan apa? Atau gedung/daerah apa*, kalo ga tau ya susah juga nentuin bis atau MRT mana yang mesti dinaikin..tapi kalo gue aja bisa jalan2 cuma berdua ama Nara tanpa nanya2 dan ga pake nyasar, pasti semua juga bisaaaaa.. ๏Š

Siapin kaki : kalo ini siy buat yang emang demen jalan ya..karena sebenernya kalo penduduk Sin sendiri kemana2 itu naik BMW..alias Bus, MRT & Walking..kemaren pun gue pas jalan2 ama Nara cuma 1x naik taksi itu juga karena hujan, lumayan menghemat dan seru aja naik turun bis + MRT..walopun gempor tapi yang penting senang..kalo buat yang ga suka jalan dan banyak duit boleh lah naik taksi kemana2 hehe..

Hindarin Peak Hours : kalo di Sin peak hours itu ngaruh banget buat yang naik transportasi umum, soalnya bakal dikenain fee tambahan..apalagi kalo cari taksi susahnya minta ampun..jadi better berangkat/pulang sebelum/sesudah peak hours..save more of your time and money..๐Ÿ˜› Peak Hours : 7-9 AM & 5-8 PM..oiya kalo tengah malem juga dikenaiin fee tambahan buat naik bis & taksi..

Bawa Stroller/Carrier : karena akan banyak jalan..tapi ini tergantung anaknya juga ya..kalo yg betah di stroller mgkn akan sangat membantu bawa stroller, tapi kalo Nara kmrn ga betah banget, jadi klo bawa stroller malah bikin gue tambah ribet..so gue nekat ga bawa stroller ataupun carrier..tapi emang jadinya pegel banget..hihi

stroller ini dipake Nara cuma di airport Soekarno-Hatta..selebihnya jadi kereta barang hihi..

Beli EZLink atau Singapore Tourist Pass : kartu ini gunanya sebagai alat pembayaran Bus atau MRT..bedanya EZlink bisa dipake buat bayar taksi dan belanja di 7eleven *CMIIW*..kartu ini digesek saat naik ke bis, dan saat turun bis, gtu juga pas di stasiun MRT..kalo pake kartu ini bisa lebih hemat, karena tarif bis & MRTnya jadi lebih murah..waktu kemaren ke Sin, alhamdulillah gue dipinjemin kartu EZlink ama Dini *baiknya..makasiy ya..hehe*, gue tinggal top up aja di MRT Station, minimal top up $10..lebih jelas tentang EZlink dan Singapore Tourist Pass baca di sini dan di sini ya..

Di Singapore walopun kotanya kecil, tapi banyak banget obyek wisatanya, buat yang pertama kali ke Sin, mungkin lebih seru kalo naik Duck-Hippo Tour..banyak pilihan paket tour yang lumayan hemat..dan anak2 pasti senang bisa liat2 kota di bis double decker dan mobil amphibi..kmrn rencananya juga mau ikut Duck Tour tapi berhubung lagi ada event F1, banyak jalan yang ditutup, dan rute duck-hippo tournya jadi banyak yg ga ada, daripada rugi mendingan gue jalan2 sendiri naik bis + MRT bermodalkan EZlink pinjeman *ogah rugi*

Segitu aja kali ya tipsnya..wong baru sekali juga jalan2 berdua Nara doank di negara orang..๐Ÿ˜›

happy traveling..

BheBoth

6 thoughts on “little tips..

  1. Both thx buat tipsnya yah. ih both itu udah hebat bisa keliling2 berduaan aja ama Nara, di negara orang pula. Rasanya, kesel2 gw gegara nungguin cuti suami yg susah banget, pengen juga ih jalan ber-2 doang. Seru kayaknya yah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s