Gerakan Tutup Mulut..

Ibu-ibu pasti udah sering denger deh istilah ini yang biasanya dipake saat anak ga mau makan, alias mulutnya ditutup rapet2 tiap disodorin makanan..beda sama emak bapaknya ya yang biasanya mulutnya ga bisa berenti ngunyah hehe..

Alhamdulillah Nara bukan termasuk anak yang susah makan, well at least for me Nara itu ga rewel urusan makanan..mungkin karena gue juga bukan tipe emak yang terlalu pusing kalo Nara ga napsu makan..bukan tipe ibu2 suka maksa anak untuk makan kalo Nara memang ga mood buat itu..

Mungkin karena itu juga, jadi gue lebih santai ngadepin masalah GTM ini..kalo Nara ga mau makan, ya gpp..toh kalo laper nanti dia minta makan..atau klo emang dia ga pengen makan, tapi nyemil n nyusunya udah banyak ya gue ga terlalu khawatir dia kelaperan..

Dan alhamdulillah, walopun Nara ga tumbuh jadi anak yang chubby, gendut bin semok..tapi Nara SEHAT..pertumbuhannya tergolong normal di growth chartnya..jadi gue mah ga perduli ama yang bilang anak gue kurus lah, yang bilang “duuhh kok makannya dikit?”, yang komentar “masakan mama ga enak ya jadi ga mau makan?” i dont give a damn about those people..mereka ga ikut ngurus anak gue dari bayi kok..jadi sapa situ ikut2 komentarin anak gue? eits..ini kok jadi curcol?? hahaha..

Tapiiiiii tetep aja ya, jadi orang tua ada kekhawatiran akan pertumbuhan n perkembangan anak..soalnya udah beberpa bulan ini Nara GTM Buah..alias ga mau makan buah sama sekali..huhuhu..maka gue pun seneng waktu dapet kesempatan buat ikut seminarnya MamakuKokiHandal (thanks to @bundafatihnaura yang memberikan seatnya ke gue *bayar tentunya ya!*), yang judulnya Cara Handal Mengatasi GTM Anak..mungkin gue bisa dapet beberapa ilmu baru biar Nara mau makan buah lagi..

Di awal seminar ini dibahas mengenai MPASI sehat dan masalah yang sering timbul..kalo masalah MPASI sehat ya ga usah diceritain di sini deh ya..emak2 di sini lebih jago2 n handal kalo urusan masak memasak..hehe..nah biasanya klo masalah yang sering timbul adalah malnutrisi (overweight/underweight/defisiensi vitamin atau mikronutrien), alergi, dan anak GTM..

Nah GTM itu penyebabnya bisa 2 jenis, yang pertama ORGANIK bersifat fisik/klinis seperti sariawan, tumbuh gigi, ada kelainan di sekitar mulut, atau kekurangan hormon yang menyebabkan anak selalu merasa kenyang dan yang kedua NON-ORGANIK yaitu bersifat psikologis contohnya orang tua yang berpindah tugas ke luar kota/negeri, tidak menutup kemungkinan berpengaruh terhadap psikologis si anak yang menyebabkan dia ga mau makan.

Dijelaskan oleh salah satu pakar di seminar ini bahwa makan itu adalah proses belajar terstruktur yang pertama bagi anak. Kenapa terstruktur? karena proses makan ini harus teratur, 3 kali sehari pagi-siang-malam, dengan duduk di kursi/high chair dan harus dihabiskan. Jadi anak harus patuh/disiplin dalam hal makan, jadi bukan hanya sekedar mangap aja. Sejatinya makan itu adalah suatu kebutuhan bukan kebiasaan apalagi paksaan.

emang susahnya jadi orang tua itu kadang suka keabisan stock sabar..kalo udah ga sabar nungguin anak makannya lama, qta suka ngebolehin anak makan sambil jalan2, sambil main2, sambil nonton..yang mana ini sebenernya ga baik..anak jadi ga belajar makna dari aktivitas makan itu..istilahnya makannya disambi..disambi maen, nonton n jalan2..jadi si anak pun ga belajar untuk menikmati makanannya, karena makanannya sekedar lewat saja, aktivitas utamanya adalah main, nonton or jalan2 itu tadi..

GTM itu biasanya terjadi pada anak usia 9 bulan sampai 3 tahun, anak di atas 3 tahun biasanya sudah lebih bisa berkomunikasi jadi lebih mudah memahami kemauannya..kalo ga mau makan sayur, dia bisa bilang..tapi kalo anak umur 9 bulan ya biasanya mingkem aja ditutup rapat2 mulutnya..hehe..

Nah untuk mengatasi GTM ada 3 cara :
1. Catat apa saja yang sudah dimakan atau diminum anak dalam 1 hari ini. Harus logis, jangan pake perasaan dalam menghitung brp banyak anak makan. Biasanya orang tua suka panik duluan kalo anaknya tiba2 tutup mulut..padahal mungkin kalo dirunut ke belakang si anak tadi abis makan apel satu biji, atau makan biskuit 5 keping, tapi pas makan nasi dia mingkem, eh qta panik kenapa dia jadi ga mau makan??? *ya masi kenyang kali mom klo makan apel satu biji n biskuit 5 keping* hehe..

2. Tetap tenang, dan minta dukungan keluarga terdekat, misalnya suami atau orang tua kalo tinggal serumah. Harus ada kesamaan aturan di rumah, jadi kalo aturan makan di meja makan diterapkan oleh si Ibu, si Ayah juga harus demikian..jangan kalo sama Ayah boleh makan sambil maen..kalo bgini pantes aja kalo makan sama si Ibu anaknya tutup mulut..hehe

3. Kenali Karakter Anak..di sini lah orang tua dituntut untuk kreatif n sensitif terhadap perilaku anak. Karena tiap anak berbeda, jadi cara penanganannya pun berbeda. Ada anak yang susah untuk mencoba sesuatu yang baru, ada juga yang bosenan..apakah ada kondisi fisik tertentu yang mempengaruhi seperti tumbuh gigi, sariawan dsb?

Sebisa mungkin makan itu menjadi waktu yang menyenangkan buat si anak. Bukan merupakan paksaan, dan bukan juga sebagai reward..misalnya kalo kamu makan sayur, nanti mama kasih es krim deh..hehe..ternyata sogok-menyogok udah terlatih dari anak masi kecil ya?😛

Dan sebagai orang tua harus konsisten..kalo makan harus di meja makan, ya orang tua pun berlaku demikian..jangan kasih contoh makan sambil nonton..begitu juga dengan menu makanan, kalo anak harus makan sayur n buah, orang tua pun harus makan sayur n buah..jadi istilahnya emak bapaknya jangan ngemeng ajeeee tapi dilakuin juga yaaaa..*ini susah-susah gampang yak* *jleb*

Oiya untuk yang “merasa” anaknya susah makan alias suka GTM..coba hitung asupan anak bukan per hari tapi per minggu atau bahkan per bulan..jadi kalo dalam seminggu/sebulan itu asupan makanannya memenuhi kebutuhannya berarti ga perlu khawatir saat GTM melanda. Karena mungkin saja 2 hari ini anak GTM, tapi 3 hari ke depannya makannya lahap..jadi kalo diakumulasi asupannya tetep cukup, jadi ibu2 ga perlu panik lagi..🙂

Intinya siy kalo anak GTM emaknya kudu sabaaarrrrr..sabar ngasi makannya dan sabar dengerin komentar2 miring dari orang sekitar yang ga membantu..hehe..makanya mari qta nimbun stock sabar yang banyak sebelum anak qta GTM..semangat ya ibu2!

BheBoth

6 thoughts on “Gerakan Tutup Mulut..

  1. yep yep harus sabaaar… hehe.. iri deh kalo lo bisa cuek both. Gue kadang santai tp seringnya spaneng haha.. tp lama2 menurunkan standar juga sih, sambil terus usaha masak ini itu atau beli ini itu hehe… Abis gue berpendapat kalo emak yang jago masak anaknya ga GTM, huhuhu aku kan ga bisa masak😦 Alhamdulilah Zahra jg makin berat walau susah bgt makannya. Tp beneran deh dg pengalaman nyuapin yg jungkir balik ini, aku sangat tertarik untuk nerapin BLW utk anak berikutnya😀

    • hihi..apalagi gue jarang banget masak buat Nara sejak dia udah makan tablefood ti..soalnya tiap gue bikinin makanan yang aneh2 gtu dia malah ga mau..haha..yawes makan yang ada di meja aja bareng2 gue..iya ZK makannya susah aja gendut gtu ti n sehat tentunya khan..so u got nothing to worry about..tetap semangat ti!

  2. bener banget mama nara, galuh juga sering dibilang kurus,tp kadang dibandingkan sm bayi y umur 9bln y blm bisa lari2 ahahaha,tp ah cuek aja y penting sehat ya..
    galuh juga susah mam buah, diakalin bikin milk shake dicampur jus strawberry, lumayan mau..

    • nah iya Nara tuh udah dibikinin jus juga ga mau, dikasih susu coklat pun tak mau..huhu..mknya pusing jg mikirinnya..emang mesti konsisten siy..ini gue kadang suka nyerah, ga mau ya udah ga gue kasih lagi..mgkn harus tiap hari biar lama2 mau ya..hehe..thx ya mama galuh..semangat!

  3. salam kenal lg ya…🙂
    yup… bener bgt tuh… anak kurus kan belum tentu ga sehat ya skrg mah yg penting sehat… tp emg sih modalnya mesti sabar beneeerrrrrr ngedepin anak2 itu :)… btw, dd nara nya msh mimik ASI ga? kan udh 2thn tuh… klo udh ga, mau minum susu formula ga? selama 2thn itu full ASI ato suka campur susu formula?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s