men can’t do what we do..

buat gue, laki-laki dan perempuan diciptakan dengan porsinya masing2..semua sudah ada takdirnya..apa yang bisa dilakukan laki-laki..dan apa yang bisa dilakukan perempuan..

kalo diliat sekarang banyak perempuan yang juga bisa melakukan apa yang laki-laki lakukan..u name it lah..ada yang jadi supir, ada yang masang genteng, ada yang jadi tukang parkir..dan ga jarang juga laki-laki yang bisa melakukan apa yang perempuan lakukan..koki handal kebanyakan laki-laki..capster or make up artis juga banyak dari kaum laki-laki..(walopun laki-laki yang agak lebay ya..tapi tetep judulnya laki-laki khan :-P)

tapi ada satu yang cuma perempuan yang bisa lakuin..having birth to a child..belom ada kaya’nya laki-laki tulen yang bisa hamil dan melahirkan anak..*kecuali di film atau laki-laki transgender yang bbrp waktu lalu diberitakan bisa hamil*

sabtu kemaren gue menyaksikan lewat video proses lahirnya sepupunya Nara..di situ baru gue bener-bener liat proses keluarnya bayi dari Ibunya melalui persalinan normal..dimana si Ibu diepisotomy dan banyak darah dimana-mana..berhubung persalinan gue dulu melalui waterbirth, jadi ga ngalamin episotomy dan ga banyak darah yang keliatan..

si Ibu sempat diinduksi, karena sudah pecah ketuban tapi ga mules-mules..setelah diinduksi dia mulai kesakitan, dan nangis-nangis sampai sempat bilang “ga kuattt..”, gue ga tega liatnya..karena gue ga tau rasa sakitnya kalo diinduksi..dulu gue ga diinduksi saja sakit banget..apalagi yang diinduksi yang katanya lebih sakit lagi..huhu..alhamdulillah setelah berjuang hampir 7 jam, anaknya bisa lahir normal dan sehat..

gue salute buat semua para ibu-ibu di dunia ini..melahirkan normal itu ga mudah..sakit bahkan amat sakit..apalagi yang perlu diinduksi..dan melihat proses episotomy itu ternyata mengerikan..*masi ngilu kalo inget videonya*

melahirkan secara caesar juga ga mudah..IT TAKES GUTS..yang terus terang gue ga punya untuk itu..ngebayangin jarum suntik gede ditusuk di bawah punggung dan pisau bedah ngebelek perut udah bikin gue jiper..salute buat ibu-ibu yang “berani” untuk melahirkan caesar..belum lagi sakit setelah melahirkannya yang take weeks to recover..

Jadi apapun prosesnya, normal, waterbirth, hypnobirth, ILA, caesar..yang ngalamin induksi, episotomy, vakum, dan segala macem cara laen untuk bisa melahirkan..I salute all of u..men really can’t do what we do moms..

BheBoth

2 thoughts on “men can’t do what we do..

  1. betul…setuju bu…karena itulah bapaknya Gana mau 5 anak ……lha yang mo ngelahirin ini yang pusing duluan 😛 hehehehe..

Leave a Reply

