Our 17 months old Nara..

Tanggal 13 agustus 2010 kemaren tepat Nara umur 17 bulan..makin hari makin pinter..makin banyak kebisaannya..ya mungkin Nara agak telat di beberapa milestone..but i think that’s OK..every child is unique, rite?

Alhamdulillah di umur 17 bulan ini Nara akhirnya bisa jalan..udah bisa jalan sendiri agak jauh 5-10 m..kadang sambil bawa bola, mainan..jadi sekarang tiap pagi n sore hobby jalan-jalan keliling kebon di rumah..berhubung di kebon jalannya ga rata n banyak batu-batu, jadi masi pegangan satu tangan deh..gapapa ya..nanti lama-lama kalo dah makin bisa seimbang, bisa jalan sendiri..atau bahkan bisa lari-lari di kebon..:-P

kalo kemampuan verbalnya emang masi ga jelas..yang paling jelas cuma mama, papa, ba (cilukba), da (kuda), iiiya (ikan), dah (udah)..tapi Nara udah ngerti kalo diajak ngomong..qta bilang apa dia bisa ngelakuin dengan benar..emang siy kata nyokap gue, Nara persis ama gue kecil yang juga ga bisa ngomong..tapi giliran bisa ngomong langsung nyerocos..semua disebutin..dan akhirnya keterusan bawel ampe sekarang hehe..mungkin nanti lama-lama makin jelas ngomongnya ya nak..

Kemampuan motorik halusnya siy menurut gue bagus banget ya..dari mulai bisa merangkak, Nara itu seneng mungutin benda-benda kecil yang keliatan ama dia..udah bisa ngambil barang dengan jari telunjuk dan jempolnya (lupa deh umur berapa 7 atau 8 bulan kali ya). Sekarang Nara dah bisa ambil minum sendiri di dispenser..udah bisa minum sendiri pake gelas..kalo makan, lebih seneng makan sendiri..bisa tuh dia makan pake sendok sendiri, kadang pake tangan kanan, kadang pake tangan kiri, kadang makannya langsung aja ga pake sendok..hehe..

Giginya sekarang baru mau numbuh lagi 3 biji..2 di bawah, 1 di atas sebelah kanan belakang..jadi total giginya ada 9 skrg, walopun yang 3 itu belom muncul sempurna..yang gue tau siy kemampuan mengunyah dan menelan ga bgtu dipengaruhi ama jumlah gigi..karena Nara dari umur 13 bulan waktu itu giginya baru 6, udah bisa makan nasi dan makanan rumah yang sama ama yang gue makan..semua dipotong kecil-kecil biar dia ga keselek..tapi Nara itu pinter siy klo urusan kunyah dan telan dia jarang banget keselek ampe muntah..dia bisa kira-kira sendiri..dan dia udah bisa kasi tau kapan dia mau makan, atau kapan dia ngerasa kenyang..jadi gue emang ga pernah maksa-maksa dia buat makan..kalo ga mau ya distop..nanti ditawarin lagi..kalo tetep ga mau ya sudah it’s OK..

Ada lagi kebisaan Nara yang mungkin agak ajaib, dia itu udah bisa turun dari tempat tidur gue (kasur gue tingginya skitar 60 cm) gue ga pernah nurunin kasur, karena ga ada tempat buat nyimpen dipannya..dan dipannya itu gue beli mahal, jadi gue berasa sayang aja kalo ga dipake..hehe *emakirit* akhirnya solusi yang dipake adalah dengan membuat pagar (beneran pagar ya, pesen di tukang besi hehe) di sekeliling kasur..tapi di bagian pojokan agak direnggangin supaya gue n hqm bisa turun dengan gampang (ga perlu ngelewatin pagarnya gtu maksudnya), dan akhirnya mgkn Nara sering liat gue n hqm turun dari kasur lewat bagian yang renggang itu dan dia pun bisa turun sendiri..tanpa perlu gue pegangin..hehe..nyokap gue kalo ngeliat “atraksi” ini suka heboh, takutnya Nara jatoh atau kejepit dan sebagainya..tapi sebenernya Nara gapapa..dia bisa kira-kira..awal belajar turun dari kasur dia juga takut, dan karena ngerasa takut, dia naek lagi ga jadi turun..hehe

Hobbynya Nara masi sama..nonton dvd lagu..lom bosen-bosen tuh dia nontonnya..kalo gue setelin babytv dia ga terlalu tertarik kecuali yang ada lagunya..kaya’nya dia seneng kalo acaranya ada lagu jadi dia bisa ikutan goyang-goyang..makanya dia demen juga nonton Glee..hehe..dvd lagu Nara kebanyakan lagu Indonesia..dari lagu taman kanak-kanak, lagu daerah ampe lagu wajib hehe..ada juga siy yang bahasa inggris tapi ga banyak..

dan Nara masi suka baca buku..padahal bukunya udah jelek..udah robek-robek..tapi dia demen aja liat-liat gambarnya sambil tunjuk-tunjuk benda yang dia kenal..demen juga liat-liat majalah..apalagi yang ada gambar anak kecil atau bayinya..langsung heboh n tunjuk-tunjuk..seneng kali ya liat temennya..hehe..

Alhamdulillah seneng banget liat perkembangan Nara tiap hari..it’s a blessing everyday..mudah-mudahan bisa tumbuh sehat dan selalu dilindungi Allah SWT..gue siy ga minta anak gue jadi macem-macem..gue cuma pengen Nara jadi manusia yang bahagia apapun kondisinya..

BheBoth

4 thoughts on “Our 17 months old Nara..

    • hai makasi ya tante..dulu pertama tumbuh umur 10 bulan 18 hari..trus berturut tumbuh ampe 1 thn ada 6 gigi..trus mandeg..baru bulan lalu muncul lagi 3 gigi..:-P

    • hehe..gue pernah ngetweet photonya kok..ada juga di FB gue tapi emg ga jelas..nanti ya gue fotoin klo di rumah..bikinnya di tukang besi dkt sini kok cuma 350 rb 3 sisi..:-P

Leave a Reply

