cerita tentang Nara..

sejak hamil dan punya anak..gue selalu berusaha mencari berbagai informasi tentang perkembangan anak..dari semua informasi yang gue dapetin, gue pilah pilih lagi mana yang baiknya gue terapin ke Nara..karena tiap anak pasti berbeda..jadi ga bisa disamakan pola asuhnya antara anak yang satu dengan anak yang laen..apalagi yang berbeda orang tua, beda lingkungan..

gue cuma mau membeberkan beberapa hal yang gue terapin or yang ga gue terapin ke Nara :

– Nara masi minum asi sampe sekarang umur 15 bulan, walopun sempet ada yang memandang gue dengan tatapan “whaaatt? masi nyusu?!”, kalo bgtu siy gampang paling gue tinggal nyengir aja..hehe..tapi banyak juga yang mendukung kok..rencananya gue akan ngasi asi sampai Nara ga mau lagi..mudah2an sampai 2 tahun masi mau ya..

– Nara belom pernah minum dari botol, jadi minumnya langsung dari pabriknya hehe..kebetulan gue kerja di pabrik yang tinggal ngesot dari rumah..jadi dulu sebelum umur 1 tahun, gue rutin pulang ke rumah 2 jam sekali..jadi gue berangkat jam 8 pagi, jam 10 pulang untuk nyusuin..nanti pas istirahat gue pulang lagi buat nyusuin lagi sambil ajak maen atau boboin Nara..jam 1 gue masuk kerja lagi dan gue pulang lagi jam 3.30 untuk nyusuin Nara lagi..abistu balik ke pabrik lagi n baru pulang skitar jam 5.30-6 sore..sekarang karena udah 1 tahun lebih, minumnya gue kurangin, ini gue terapin supaya makannya Nara agak banyak..jadi gue pulang hanya pas jam istirahat n pulang kantor..

– Nara tidak punya dan tidak pernah pake empeng (pacifier), karena menurut gue empeng ini ga ada gunanya..empeng ini emang bisa membuat bayi tenang, bayi jadi tidak rewel..tapi menurut gue kalo hanya mau membuat bayi tenang dan tidak rewel, banyak caranya kok..bukan hanya dengan empeng..jadi kalo menurut gue, empeng ini berguna bukan untuk si bayi, tapi lebih berguna untuk sang penjaga bayi (bisa babysitter, mbak, orang tua, atau kakek-nenek si bayi), karena gampang kalo bayinya owe2, kasi aja empengnya..hap! diem deh dia..isep2..lama2 bobo..hehehe..

– mulai umur 1 tahun Nara udah gue cobain masakan rumah..maksudnya makan makanan yang sama ama yang gue makan..gue cobain dikit2..emang gue tau kalo gula-garam itu harusnya tetep dijaga biar ga terlalu banyak dikonsumsi bayi (eh toddler ya klo dah 1 tahun), apalagi bahan2 tambahan laen kaya’ MSG dan laen2..tapi gue pikir, Nara harus tetep belajar makan yang sama ama orang tuanya..biar ga terlalu picky..jadi bisa makan apa aja..mulai 1 tahun nara udah bisa makan nasi, jadi lebih gampang kalo ngasi makan dia sekarang..walopun tetep gue jaga makanan2 yang masuk harus tetep yang bersih n sehat..walopun rasanya skrg udah berbumbu2..:-P

– Banyak yang nanya “Nara kok lom jalan? kok lom ngomong?” Nara sampe sekarang emang belom bisa jalan, belom bisa ngomong..tapi Nara bisa ngerangkak ngebut, bisa rambatan, udah jago naek turun sofa n kasur..dan Nara ngerti kalo diajak ngomong, walopun dia ga bisa bales ngomongan qta dengan kata2 yang jelas, paling hanya “iiiiiyyyy”, “ehhh”..Nara uda bisa ngucapin papa, mama, kaka, dada..gue ga mau maksain segala sesuatunya ke Nara..gue yakin dia pintar, dia tau kemampuan dia..setiap hari gue ajarin berdiri, jalan, gue ajak ngomong..tapi kalo anaknya belom mau, ga perlu gue jadi stres khan? selama ini Nara sehat, tidak menunjukkan ada kelainan apapun..jadi gue hanya bisa menstimulasi dia utk jalan n ngomong..tapi biar Nara yang nentuin kapan dia mau jalan n ngomong..

– gue mengenalkan Nara ke musik dari mulai bayi..tapi baru gue bolehin nonton tv di atas 6 bulan..nonton TV juga bukan acara tv, tapi gue pasangin VCD lagu2 Indonesia..Nara suka banget nonton lagu2 itu..bisa sambil goyang2, tepuk tangan..dan matanya ga berkedip..hehe..menurut gue dengan menonton video lagu2 indonesia itu, Nara jadi belajar dua hal, belajar musik dan bahasa Indonesia..buat gue ini penting..karena gue percaya musik itu bisa merangsang otak anak biar bisa berfungsi maksimal, dan bahasa Indonesia itu bahasa ibu, alias bahasa gue..gue ga mau sok inggris ngomong ama Nara..bukan apa2 siy..gue cuma mau Nara kenal jati dirinya sendiri dulu..setelah itu mau belajar bahasa asing apa aja ya monggo..tapi yang penting harus bisa bahasa Indonesia dulu..

– Nara itu belom gue kenalkan dengan kartun karakter, jadi kalo anak2 laen punya karakter favorit..Nara belom punya..jadi kalo misalnya disuruh pilih mickey mouse atau backyardigans? Nara ga ngerti..hehehe..entah kenapa gue dari awal ga tertarik mengenalkan kartun2 karakter kaya’ barney atau dora buat Nara..menurut gue belom waktunya..biar dia berimajinasi sendiri dulu..

– Nara udah gue kenalin sama buku dari bayi..mungkin karena gue juga seneng baca ya..jadi dulu kalo liat softbook, atau buku2 yang ceritanya lucu pengennya beli aja buat Nara..dan ternyata Nara pun seneng baca buku..jadi sekarang setiap hari kalo dia liat buku favoritnya, pasti dia kasih ke gue atau papanya untuk dibacain..:-)

– Nara udah gue ajak berenang dari umur 3 bulan, waktu masi bayi siy dia menikmati kegiatan berenang ini, tapi pas udah gedean, emak-bapaknya jarang ngajak berenang lagi jadi pas diajak berenang Nara agak takut..jadi nemplok dulu awal2 ama gue nanti lama2 baru dilepas..gue pengen Nara bisa berenang dari kecil supaya aman, karena di rumah gue ini depannya langsung kolam renang, jadi untuk mengantisipasi hal2 yang tidak diinginkan, makanya Nara harus diajarin berenang sedini mungkin..

semua yang gue lakuin di atas mungkin ada pro-kontranya..well that’s just me..setiap orang tua pasti punya cara masing2 toh..

setiap anak itu unik, jangan pernah banding-bandingan mereka..

BheBoth

Leave a Reply

