cerita melahirkan..


setiap kali denger atau baca cerita ibu melahirkan, selalu bikin gue sangat bersyukur dan selalu ngucapin Alhamdulillah..

gue mungkin salah satu perempuan yang beruntung..proses melahirkan Nara sama sekali ga susah..hamilnya pun bisa dibilang ga rewel..walopun sempet masuk RS dan bedrest 2 minggu..tapi setelah itu gue hamilnya badak banget..ga kenal cape..hobby bener ama yang namanya jalan2..kadang dari pagi ampe malem bisa jalan terus dengan perut yg makin lama makin besar..

seminggu sebelum melahirkan aja masi sempet nonton java jazz..dengan perut gendut joget2 diiringin lagu Jason Mraz..itu pertama kali gue ntn Java Jazz, tahun2 sebelumnya gue ga pernah tertarik buat ntn..entah knp pas hamil itu pengen bgt ntn dan kebetulan ada yg mau ngasi tiket jadi ntn lah saya..:-P

ok kembali ke topik..proses melahirkan Nara bisa dibilang cepet..tanggal 13 maret 2009 jam 3.30 pagi gue kebangun buat pipis, ternyata ada flek dikiiiitt banget..abistu gue berasa ketuban gue rembes..yauda siap2 ke RS tapi ga sempet mandi..hehe..

pas berangkat jalanan sepi (yaeya laaahhh subuh juga belom..hehe), alhamdulillah banget, coba kalo gue ngerasanya jam 6/7 pagi, khan jalanan udah macet tuh jam segitu..itu keberuntungan yang pertama..

trus nyampe RS skitar jam 5 kurang lah..disiapin kamar, dan g ga bole bangun2 dari tempat tidur karena ketuban gue yang dah rembes itu..pas diperiksa dalem, udah bukaan 3..how lucky! padahal gue lom ngerasa mules2 yg dahsyat..ini keberuntungan yg kedua..

abistu di-CTG, 30 menit, nah mulai tuh mules2 dahsyat..gue ampe dikasi oksigen..trus diperiksa dalem lagi, tapi suster ga bilang udah bukaan berapa..yg ada dia lgsg ngibrit..(nelp dokter gue rasa..hehe..)

ga berapa lama gue di-CTG lagi..30 menit lagi..makin mules..ampe teriak2..padahal gue tau teriak2 ga bakal membantu..cuma udah refleks aja..hehe..abistu langsung dibawa ke ruang bersalin..karena gue mau pake metode waterbirth..jadi udah disiapin tuh kolam dengan air hangatnya..tapi gue masi harus nunggu dulu di tempat tidur yg buat lahiran normal tuh..abistu diperiksa dalem lagi..dan si suster bilang, bentar lagi bole masuk ya bu..udah bukaan 9..yaelah suster, telat bener..setau gue dari bukaan 7 udah bole nyemplung..

abis nyemplung, sakitnya sangat berkurang..krn airnya hanget dan bikin rileks..ini keberuntungan gue yg ketiga..karena ga semua orang punya kesempatan nyobain waterbirth..so i consider myself lucky..:-P

satu jam setelah nyemplung..tepat jam 9.35 wib, Nara lahir, dia nyemplung ke kolam..pas diangkat langsung ditaro di dada gue..amaziinnnggg..beneran ilang semua rasa sakit n mules2 yg tadi..hehe..alhamdulillah Nara sehat, sempurna, ga kekurangan suatu apapun..ini keberuntungan gue yg keempat..utk anak pertama yg lahir hanya butuh waktu kurang dari 5 jam dari pertama kali masuk RS itu tergolong cukup cepet..suster2nya ampe terheran2 dan terkagum2..padahal khan bukan gue yg ngatur ya..hehe..

satu jam setelah melahirkan gue dah bisa jalan sendiri dan pipis ke kamar mandi sendiri..gue ga tau gue dapet kekuatan darimana ya..yang gue rasain abis ngelahirin itu cuma 1, lapeerrr! hehe..temen2 gue yg jenguk malem itu juga pada bingung, katanya gue ga kaya’ orang abis lahiran..santai banget..hehe..alhamdulillah gue dikasi kemudahan ama Allah..

Nara itu lahir khan pas hari jumat, jadi weekend itu banyak sekali yg menjenguk..banyak yang doain, banyak yg ngasi kado😛..Ini keberuntungan gue yg kelima..hqm pun jadi bisa lebih lama ngedampingin gue..senangnya..

senin pagi, Nara dinyatakan dokter bilirubinnya 10.6, dokter bilang boleh pulang asal sering disusuin n dijemur..Ini keberuntungan gue yg keenam, karena Nara itu golongan darahnya beda ama gue..biasanya anak yang beda golongan darah ama ibunya suka tinggi bilirubinnya..istilah jaundice atau kuning..alhamdulillah Nara gpp, dan bisa langsung pulang..:-)

gue juga punya suami yg amazing..hqm selalu ngedampingin gue..dari mulai sebelum hamil, pas periksa kesehatan ke dsog utk pertama kali..ampe setelah dinyatakan hamil, periksa rutin ke dsog, ampe pas melahirkan..hqm ga pernah absen..bahkan ampe pas gue papsmear pun dia nemenin dan megangin tangan gue..(dia tau istrinya cemen klo masalah bginian..hehe). Hqm juga sangat mendukung gue buat kasih asi eksklusif, he is truly a breastfeeding father, a great husband indeed..Ini keberuntungan gue yg ketujuh..lucky number 7..:-)

Dan gue ga berhenti2nya bersyukur ama Allah udah dikasi segala kemudahan dan berkah yang luar biasa..

BheBoth

6 thoughts on “cerita melahirkan..

  1. Alhamdulillah… Senangnya lancar ngelahirinnya… baru satu nih gue baca yang lancar kaya elo =)
    Kelahiran Raffa, walaupun kelihatannya berat karena terpaksa lahir prematur krn eklamsia, seluruh tubuh dan organ tubuh gue bengkak, termasuk otak, trus masuk ICU 3 hari karena setelah keluar dari ICU jadi ga inget kejadian pas ngelahirinnya, alhamdulillah (masih alhamdulillah) bikin gue sama sekali ga ngerasain sakitnya caesar.. karena pas ingatan pulih, dan bisa inget rasa sakit itu udah hari ke 3.. alhamdulillah ga bikin gue takut buat hamil lagi, tapi kehamilan berikutnya harus dijaga banget
    isyaAllah anak kedua bisa normal trus bisa gampang kaya mama nara =)

  2. Pingback: men can’t do what we do.. | welcome to my words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s