Ujung-ujungnya duit..

sering banget deh denger kata2 ini..tapi emang bener siy susah hidup klo ga ada duit..makanya mesti pinter2 kelola duit qta..biar ga “ngilang” gtu aja..kerja cape2 tapi duitnya nguap entah kemana..

dari dulu jaman masi sekolah, g dah rajin nabung..mgkn krn sering diajak nyokap ke bank kali ya..jdnya kynya udah kebiasaan buat nabung..seneng banget klo bisa ngumpulin duit sisa jajan n liat angka di buku tabungan nambah terus..hehe..

dulu pas kuliah gue bisa bayar kuliah sendiri, emg siy kuliah gue murah 1 semester cuma 750 ribu..itu duit ya gue kumpulin dari sisa jajan, atau pas ultah dapet hadiah dr bokap (beliau biasanya ngasinya duit hehe)..pernah lho pas kuliah gue lagi pengen banget beli sesuatu (gue lupa apaan ya barangnya?), gue jatahin 1 hari cuma bole ngeluarin duit 5 ribu perak..jd makan gue irit2, ga bole jajan2 (kebetulan gue tinggal ama nenek gue, jd sarapan n makan malem di rumah khan), alhamdulillah berhasil tuh..

sejak kerja, gue jg masi nabung, gue selalu nabung di awal, jadi terima gaji langsung g potong sekian buat masukin tabungan..sisanya gue abisin deh hehe..

nah, sejak married n punya anak..kebiasaan ini jg masi berjalan, tapi di tengah bulan tabungannya gue pake lagi, buat beli apa laaahh, makan dimana lah, atau bayar tagihan CC..hehehe..makanya duit gue skrg makin lama makin menipisssss..

so I decided to change..klo bukan gue yg ngubah pola hidup gue, gmn bisa nabung yg bener..mulai deh tuh cari info ke sana kemari..belajar dr temen2 gue, browsing2 ke blog financial, belajar apa itu investasi, asuransi dan seterusnya..agak pusing siy awalnya..pusing karena ternyata gue dah buang2 waktu n duit gue..coba klo tau dari dulu..tapi better late than never, rite?

salah satu tindakan konkritnya gue dah bikin tabungan buat Nara yg didebet otomatis dr tabungan gue, gue dah beli Reksadana walopun cuma dikiiittt..gue udah nutup asuransi2 ga penting yg end up nya cuma ngabisin duit gue aja..dan sekarang gue sedang dalam darkgreyperiod..ga bole belanja dalam 2 bulan..haha..trus yg terakhir gue mau konsultasi ama financial planner, biar gue bisa lebih teratur ngurusin duit..

ini masi tahap awal dalam belajar..masi banyaaaak yg gue ketinggalan..masi banyak ga ngertinya..tapi i’m willing to learn a lot..for my better future, for Nara’s future, for my little family..gue ga pengen jadi orang yg kerja bertahun2 tapi ga punya apa2 bukan karena pas2an tapi krn kebodohan gue ga bisa kelola uang..karena berapa pun jumlah uang (gaji maksudnya), klo qta ga bisa managenya ga akan pernah cukup..so mumpung gaji juga masi segini2 aja..qta belajar deh dari sekarang..biar nanti misalnya ada rejeki suami dapet kerjaan yg lebih baik, managenya udah lebih baik..(amiiinnnnn..)

Ayo semangat..!

BheBoth

4 thoughts on “Ujung-ujungnya duit..

  1. Asw.wr.wb. Bu Dian, gimana kabarnya? Gimana hasil pertemuan dengan QMFinancial? Btw gimana dengan plan asuransinya, apakah Takaful masih masuk kategori pilihan? Wah..maaf nih bu jadi banyak tanya🙂 Semoga ibu dan keluarga mendapatkan pilihan yang terbaik ya bu. Amin.

    • eh ada si pak aris..kabar bae pak..masi itung2an dulu niy pak..klo jadi ambil produk bapak pasti saya hub bapak kok..tenang aja..:-) makasiy ya pak..

Leave a Reply

