Back to the Obgyn..

yes..semalem adalah pertama kalinya gue balik lagi ke obgyn buat di USG..bukan..bukan hamil kok.. :-P ini karena gue “cukup menderita” pada saat gue haid kemaren ini..satu hari ampe ga bisa ngapa2in..ngeringkuk aja di kasur..biasanya ga pernah ampe sesakit itu..

kebetulan obgyn gue (dr. Otamar Syamsudin) yg dulu nanganin gue pas hamil Nara ga praktek selasa malem di Sam Marie..jadilah gue nekat coba obgyn baru, bermodalkan tanya2 para emak di twitter, gue menetapkan pilihan ke dr. Erwinsyah di KMC..

Dan ternyata dokternya sangat humble..lumayan enak jelasinnya..dari cerita gue, dia menyimpulkan kalo gue ada endometriosis..lengkapnya endometriosis itu apa bisa liat di sini..abistu baru diUSG, dan memang ada massa di ovarium gue..

Si dokter menyarankan untuk USG 4D transvaginal supaya lebih jelas..jadi gue diminta dateng lagi hari Sabtu ke RSPP Pertamina tmp dia praktek..karena di KMC alat USG 4Dnya lagi error..huuu..ga keren amat pake error..

beliau juga ngejelasin, untuk lebih pastinya untuk ngeliat endometriosis bisa melalui laparoskopi..jadi nanti perut bagian bawah pusar gue disayat sekitar 1 cm, dimasukin kamera untuk liat dalemnya gimana..nah kalo emang mau diambil nanti akan dilakuin 2 sayatan lagi di kanan kiri perut gue untuk masukin alatnya..jadi ini operasinya di dalem perut..jauh lebih aman dibanding ngebelek perutnya..hehe

tapiiiiii…jiper donk gue..walopun laparoskopi tergolong aman, tetep aja itu operasi bius total..dimana gue lom pernah operasi bius total..nanti kalo gue ga bangun lagi gimana??? Nara gimana klo gue ga ada? huaaaaaa..*lebay*

Sang dokter juga ngejelasin endometriosis ini bukan tumor/kanker, karena sifatnya hormonal..ga diambil juga gpp, tapi kalo sudah ada di level 3 atau 4, biasanya sudah terjadi perlengketan jadi dikhawatirkan akan menyebabkan susah hamil..dan gue akan terus menderita setiap bulannya karena endometriosisnya akan mengikuti siklus hormonal gue..setiap gue haid dia akan meradang dan itu yang bikin sakit luar biasa..

jalan lainnya adalah dengan gue hamil lagi which is not an option for me (right now), kata sang dokter kalo hamil, endometriosisnya akan “tidur” dan ibu akan nyaman lagi selama kurang lebih 2 tahun..tapi nanti seiring dengan siklus hormonal ya balik lagi sakitnya..kalopun diambil dengan laparoskopi tadi, ga menutup kemungkinan endometriosisnya akan ada lagi, tapi akan lebih lama tumbuh kembalinya..

Sekarang gue mau cari second opinion..gue akan balik ke obgyn gue yang lama si dr. Otamar itu..secara dia dulu udah “ngobok2″ gue ya..jadi kalopun mau USG transvaginal mendingan ama dia aja deh daripada ama dokter baru lagi..hehe..

Doakan saya ya..*everything is gonna be OK* *selfhypno*

BheBoth

8 thoughts on “Back to the Obgyn..

  1. Hai mbk dian, salam kenal, aq silent readermu udh lumayan lama, tp g prnh nongol, bru kali ini mninggalkan jejak.
    Sama mbk, aq jg endometrosis, januari kmrn priksa dg keluhan kalau mau haid perut sakit bgt, haidnya jg lama. Stlh diusg perut dan dlanjut usg transvaginal lbh jelas klo endometrosis. Lalu dokterny mnyarankn utk hamil lg atw pasang iud berhormon, februari kmrn aq pasang iudnya, iud mirena namany. Jd kta pak dokter, hormon d iud tsb mghambat si endo biar g tmbh bsr. Alhamd skrg klo mau dan pas haid gak sakit perut lg, cuma siklus haidny klo d aq jd agak kacau siklusny.
    Oh ya, klo blh aq link blogny ya

    • halo salam kenal ya..makasiy banyak buat info endometriosisnya..nanti mau cari 2nd opinion dulu baiknya gimana..monggo silahkan dilink..thank u ya.. :-)

  2. trs skrg akhirnya gmn both hasilnya? apakah sama diagnosanya ama dokter yg di KMC?
    gw jg suka sakit sih kl lg M, tp hari pertama & ke 2 aja, tp kyknya masih normal kali ye, blm pernah periksa euy

    • lom ke obgyn lagi mbak..minggu lalu tepar..minggu ini kynya mau periksa..doakan ya..nah iya gejala endometriosis itu bgtu sakit haid 1-2 hari pertama..abistu ilang..coba aja dicek juga..:-)

  3. hei Beb.. g baru tau nih, prihatin g.. semoga hasil konsul sama dokter lu yang lama lebih melegakan ya.. semoga ga perlu pake operasi2an, kali aja minum obat aja cukup deh (ngarep yang enggak ribet2), g udah beberapa kali beb bius total, dan rasanya ngantuk aja, terus tidur nyenyak banget mimpi juga enggak, pas biusnya abis juga rasanya kaya baru bangun tidur aja, hehe

  4. Pingback: Back to the Obgyn..part 2.. | welcome to my words

Leave a Reply

