Saung Angklung Mang Udjo..

Gue udah lama denger tentang Saung Angklung Mang Udjo ini..tapi baru tertarik buat dateng n nonton pagelarannya pas long weekend di Bandung kemaren..

Udah sempet browsing reviewnya di internet dan juga liat ke websitenya langsung..gue rasa Nara bakal demen niy, karena di rumah pun dia suka mainin angklung mini..

Lokasi Saung Angklung Mang Udjo ini ada di Jl. Padasuka 118 Bandung..Gampang banget ke sananya, keluar tol pasteur tinggal lurus aja, ngelewatin Jembatan Pasopati, masih lurus lagi ngelewatin 2 perempatan besar, nanti ada belokan ke kiri itu udah masuk jl. Padasuka, ada plangnya cukup besar di jalan masuk itu..ga bakal nyasar lah.. :-)

begitu masuk areal Saung Angklung Mang Udjo ini, disambut pelataran parkir yang cukup luas dengan dikelilingi pohon bambu..langsung ke bagian Lobby, disapa ramah sama petugasnya lalu diajak ke loket untuk beli tiket shownya..Rp. 50.000 per orang, dan kebetulan Nara masih gratis.. :-) tiketnya berbentuk kalung dengan bandul angklung mini yang seperti gue-hqm-Nara pake itu..

tiket Rp. 50.000 ini sudah termasuk welcome drink juga, ada air mineral, teh, orange juice, dan bandrek, boleh pilih salah satu ya, jangan semuanya, kembung nanti hehe.. karena shownya di dalam ruangan semi outdoor dan berbentuk tribun, jadi duduknya bebas, kebetulan banyak rombongan yang sudah ngebooked, jadi qta dapet duduk di bagian samping kanan tiga baris dari atas..karena ruangannya ga terlalu besar jadi sepertinya dari posisi manapun tetep bisa nonton dengan nyaman..

Show mulai tepat jam 15.30 wib, dibuka oleh 2 orang MC geulis2..mereka ngmg 2 bahasa, indonesia n English krn memang banyak bule yang nonton sore itu..dan mereka langsung memperkenalkan kelompok musik yang sudah stand by di panggung atas, ada kendang, gong, angklung, seruling, dan beberapa alat musik yang gue lupa namanya hehe..

show pertama adalah demonstrasi Wayang Golek, lengkap dengan dalangnya, walopun cuma sebentar sekitar 10-15 menit tapi cukup menghibur apalagi pas Cepot keluar hihi..kocak! Yang suka nonton Wayang Golek pasti ga asing deh ama si Cepot ini..

Setelahnya ada show Helaran, ini adalah ritual dalam mengadakan syukuran, yang ditampilkan adalah helaran untuk anak yang habis disunat, jadi ada tari-tarian, menyanyi diiringi lagu khas Jawa Barat juga angklung..yang perform adalah murid2 junior dari Sanggar Saung Mang Udjo ini, mulai dari yang berumur 6 tahun..seru banget liat anak-anak kecil nari n nyanyi semangat gtu..they really enjoy it!

Dilanjutin dengan Arumba, ini asli perpaduan suara alat musiknya enak banget..yang mainin juga jago banget..lagunya pun lagu pop..asli keren deh..abistu ada Tari Topeng yang dibawain ama 3 anak perempuan umur 11-13 tahun..really nice! di Sanggar Saung Angklung Mang Udjo ini memang diajarkan berbagai kesenian Jawa Barat, bukan cuma angklung..dan mereka harus bisa sendiri mulai dari dandan, memakai pakaian tari dan perform tentunya..

Abis tari topeng, qta disuguhin performance Angklung Mini yang ternyata cuma bisa ngebawain nada pentatonis, dan performance Angklung Massal yang lebih variatif lagu2nya..qta pun diajak menyanyi bersama, di brosur terdapat syair lagunya jadi yang ga hafal pun bisa ikutan nyanyi.. :-)

Nah yang seru, abis nyanyi2 itu, qta diajak buat main angklung bareng2..jadi dipinjemin tiap penonton satu buah angklung untuk dimainin bersama..dan yang memimpin/dirigennya adalah anak dari (alm.) Mang Udjonya sendiri..

Gue baru tau kalo angklung itu tiap nada diberi nama pulau besar di indonesia, misalnya Do itu Sumatra, dan ada kode tangannya..jadi setiap si Bapak Dirigen memberi kode tangan yang sesuai dengan nadanya, angklungnya dibunyikan..

Dan ternyata membunyikan angklung pun ga bisa sembarangan..posisinya harus benar..tiap angklung ada ada dua bambu, bambu yang besar posisinya di sebelah kanan qta, tangan kanan qta memegang bagian bawah kanan angklung, tangan kiri memegang bagian tengah atas angklung..tangan qta lurus ke depan baru tangan kanan menggoyangkan angklungnya biar berbunyi..lama2 pegel boo! :-P

setelah Bapak Dirigen memimpin qta memainkan beberapa lagu, dia memanggil 2 anak laki2 yang ternyata anak kandungnya sendiri (yg berarti cucu alm. Mang Udjo) untuk menggantikan dia..edaaann jago bener ngasi kode tangan, bahkan dua tangannya bisa kasi kode sekaligus..kereeeenn..kalo gue udah belibet kali ya..hehe..

Setelah cape maen angklungnya, qta disuguhin performance angklung orkestra yang keren banget..kata si Bapak Dirigen ini kelompok Angklung Terbaik di Dunia..mereka baru aja balik dari London perform di depan Pangeran Andrew..wowwww..kereeeenn!!!

Angklung Orkestra ini terdiri dari 7 perempuan dan 7 laki-laki, masing2 memainkan 10 nada angklung..hebat yaaa..gue satu aja udah pusing baca kode tangannya hehehe..dan lagu2 yang dibawain juga keren abis..mereka bawain beberapa lagu, salah duanya adalah If We Hold on Together dan Bohemian Rhapsody..itu canggih banget pas bawain lagunya Queen..amazinnggg..nyanyi lagu itu aja susah, apalagi maen angklungnya coba? Two Thumbs Up..

Yang terakhir dari show ini adalah qta diajak menari bersama ke tengah panggung..jadi murid2 Saung Mang Udjo ngajak penonton buat turun, joget2, nari2, nyanyi2 n muter2 ngikutin irama musik angklungnya..Hqm n Nara pun ikut turun, emaknya jagain barang di tempat duduk sambil foto2..hehe..

Suka sekali ke Saung Angklung Mang Udjo ini..really fun..pertunjukannya sama sekali ga ngebosenin walopun makan waktu hampir 2 jam..dan hanya dengan 50 ribu qta dapet pengetahuan begitu banyak dan juga hiburan yang ga bisa didapet di tempat laen..

Tips gue kalo mau dateng ke sini :
1. dateng 30 menit-1 jam lebih awal dari waktu show 15.30 wib..gue dateng jam 14.30 parkiran masih relatif sepi, jam 3 sore udah rame penuh ama bis2 rombongan..keliling di souvenir shopnya juga seru..mau belanja dulu sebelum show juga OK..
2. karena shownya di ruangan semi outdoor dan mulainya pun udah sore, jadi banyak nyamuk..pastiin anak pake lotion anti nyamuk atau kalo bisa jgn pake celana pendek, kemaren g pake celana pendek mayan deh digigitin nyamuk hehe..
3. bawa cemilan n minum buat anak, karena shownya cukup lama, jangan sampe anak kelaperan..
4. enjoy the show :-)

Kalo ke bandung, wajib nonton show ini deh..really worth to watch!

BheBoth

About these ads

8 thoughts on “Saung Angklung Mang Udjo..

  1. Pingback: Bandung.. I heart U part 2.. | welcome to my words

  2. Pingback: Liburan bertiga.. | welcome to my words

  3. thanks buat review sekaligus petunjuk jalan kesananya ya Both. Si Wiwit pernah kesana brg romböngan Jam***tek dan dia bilang emang kereng sangat! Sayangnya si wiwit ga ngapalin rute jalan ke sana krn dia blg jauh-masuk2. Well, thanks to you. Klo kpn2 gw skeluarga mau kesana bs cek rutenya lsg disini :D btw, lo gak mampir ke kampung gajah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s